Top Panel

Program Diklat Tenaga Administrasi

Yang termasuk ke dalam rumpun Diklat Tenaga Administrasi antara lain :
1. Diklat Prajabatan
2. Diklat dalam Jabatan

DIKLAT PRAJABATAN
Diklat Prajabatan merupakan syarat pengangkatan CPNS inenjadi PNS yang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, di samping pengetahuan dan kompetensi dasar tentang sistern penyelenggaraan pernerintahan negara, serta bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
Diklat Prajabatan terdiri :
a. Diklat Prajabatan Golongan I sebagai syarat untuk menjadi PNS Golongan I
b. Diklat Prajabatan Golongan II sebagai syarat untuk menjadi PNS Golongan II
c. Diklat Prajabatan Golongan III sebagai syarat untuk menjadi PNS Golongan III
Diklat Prajabatan wajib diikuti oleh CPNS selambat-lambatnya 2 (dua) tahun setelah pengangkatannya. CPNS wajib mengikuti dan lulus Diklat Prajabatan untuk dapat diangkat sebagai PNS.

DIKLAT DALAM JABATAN
Diklat dalam Jabatan dilaksanakan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik-baiknya. Diklat dalam Jabatan (Tenaga Administrasi) terdiri dari :
1. Diklat Kepemimpinan
Diklat Kepemimpinan dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur Departemen Agama sesuai dengan jenjang jabatan struktural. Diklat Kepemimpinan di lingkungan Kementerian Agama terdiri dari Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) dan Diklat Pengembangan Kepemimpinan. Diklat Kepemimpinan yang dilaksanakan di tingkat Balai Diklat Keagamaan adalah Diklatpim IV untuk jabatan strukturan eselon IV.
Diklat Pengembangan Kepemimpinan adalah Diklat yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan wawasan manajemen bagi pejabat struktural dan pejabat fungsional. Yang termasuk ke dalam Diklat Pengembangan Kepemimpinan adalah :
a. Diklat Manajemen Kepala Madrasah
b. Diklat Manajemen Kepala KUA
c. Diklat bagi Pengelola Program Diklat (Management of Training/ MoT)
2. Diklat Fungsional Administrasi
Diklat Fungsional Administrasi dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang diperlukan/ dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas fungsional administratif di lingkungan Kementerian Agama. Jenis Diklat Fungsional Administrasi antara lain
a. Diklat Pustakawan
b. Diklat Arsiparis
c. Diklat Pranata Komputer
d. Diklat Perencana
e. Diklat Auditor
f. Diklat Statisi
g. Diklat Penganalisis Organisasi
h. Diklat Analis Kepegawaian
i. Diklat Litkayasa
j. Diklat Widyaiswara Administrasi

3. Diklat Teknis Administratif

Diklat Teknis Administratif dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas administratif di lingkungan Kementerian Agama. Diklat Teknis Administratif terdiri dari:
a. Diklat perencanaan
b. Diklat kepegawaian
c. Diklat keuangan
d. Diklat perlengkapan
e. Diklat keprotokolan
f. Diklat penelitian
g. Diklat Penyelenggara Program Diklat Administrasi

 

Sumber :

KMA No. 1 Tahun 2003 tentang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil di LIngkungan Departemen Agama