Top Panel

Program Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Balai Pendidikan dan Pelatihan adalah Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama. Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama sendiri merupakan sebuah proses penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Agama.

Kompetensi yang diharapkan muncul setelah melalui Pendidikan di Balai Diklat Keagamaan Bandung adalah meningkatnya kepribadian, pengetahuan dan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan persyaratan jabatan dan pekerjaannya. Sedangkan pelatihan adalah proses belajar yang dimaksudkan untuk mengubah kompetensi kerja seseorang sehingga ia dapat berprestasi lebih baik dalam jabatannya

Menurut Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pembinaan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan teknis, dijelaskan bahwa Diklat Teknis adalah Diklat yang dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan/ atau penguasaan keterampilan di bidang tugas yang terkait dengan pekerjaan Pegawai negeri Sipil (PNS) sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

Diklat Teknis substantif dan Diklat teknis Umum/Administrasi dan manajemen dapat dilaksanakan baik secara berjenjang maupun tidak berjenjang.

Diklat Teknis Substantif adalah diklat yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat substantif dalam rangka pencapaian kompetensi PNS yang terkait dengan pekerjaan pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersangkutan, sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

Sedangkan Diklat Teknis Umum/Administrasi dan Manajemen adalah diklat yang diselenggrakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat Teknis Umum/Administasi dan Manajemen dalam rangka pencapaian kompetensi PNS yang terkait dengan pekerjaan pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersangkutan, sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

 

DIKLAT TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pembinaan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional adalah Diklat yang memberikan pengetahuan dan/atau penguasaan ketrampilan di bidang tugas yang terkait dengan jabatan fungsional Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional. Diklat fungsional sendiri merupakan diklat yang dilaksanakan untuk melengkapi persyaratan kompetensi sesuai jabatan fungsional masing-masing yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas dan jabatannya.

Diklat Teknis Substantif adalah diklat yang diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat substantif dalam rangka pencapaian kompetensi PNS yang terkait dengan pekerjaan pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersangkutan, sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Nomor BD/21/2013 dijelaskan bahwa jenis dari Diklat Teknis Pendidikan dan Keagmaan yang diselenggarakan di Balai Diklat terdiri dari empat jenis diklat yaitu :

1. Diklat Teknis Fungsional pembentukan jabatan Fungsional

Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pegawai sebagai prasyarat menduduki jabatan fungsional tertentu.

2. Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional.

Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi jabatan fungsional tertentu dan sebagai prasyarat untuk menduduki jenjang jabatan fungsional yang lebih tinggi.

3. Diklat Teknis Substantif Pembekalan Penugasan Tambahan

Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pegawai yang akan diberikan tugas tambahan tertentu.

4. Diklat Teknis Substantif Peningkatran Kompetensi

Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pegawai agar sesuai dengan standar kompetensi teknsi yang dibutuhkan oelh satuan organisasi dan/atau jabatannya.

Diklat Teknis berjenjang yang dapat dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan bandung adalah Diklat teknis berjenjang untuk tingkat Pertama

Diklat Teknis Tidak Berjenjang terdiri dari :

1. Diklat Fungsional Peningkatan Kompetensi untuk Tenaga Pendidikan

2. Diklat Subtsantif Peningkatan Kompetensi Untuk Tenaga Pendidikan

3. Diklat Diklat Fungsional Peningkatan Kompetensi untuk Tenaga Keagamaan

4. Diklat Subtsantif Peningkatan Kompetensi Untuk Tenaga Keagamaan

Metode yang digunakan dalam penyelenggaraan diklat dilakukan dengan cara:

1. Diklat Reguler

2. Diklat di Wilayah kerja

3. Diklat Jarak Jauh