Top
    bdk_bandung@kemenag.go.id
(022) 7800147
Innovation Learning Center (Innocent) sebagai rumah inovasi BDK Bandung

Innovation Learning Center (Innocent) sebagai rumah inovasi BDK Bandung

Rabu, 17 Februari 2021
Kategori : Berita
28 kali dibaca

BDK Bandung, 16 Februari 2021. Pelatihan aparatur sangat menentukan akan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui pendidikan dan pelatihan pengembangan kompetensi SDM ASN akan meningkat baik pada dimensi pengetahuan, keterampilan dan juga sikap perilaku. Kompetensi SDM ASN adalah investasi SDM dalam penyelenggaraan tugas negara terutama berkaitan kompetensi sesuai dengan standar pelaksanaan tugas dan fungsinya. Hal ini diperlukan agar SDM ASN sebagai aparat dapat melayani dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Penyelenggaraan Pelatihan di Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat selama ini belum dapat menjangkau keseluruhan pegawai. Model diversifikasi penyelenggaraan pelatihan dengan memanfaatkan perkembangan teknoligi dan informasi pun sudah dilakukan oleh BDK Bandung adalah melalui model Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) berbasis TIK. Namun demikian pemenuhan diversifikasi bentuk pelatihan klasikal masih tetap belum dapat menjangkau siklus pelatihan SDM 4 tahun sekali. Hal ini disebabkan berbagai keterbatasan antara lain terkait sarana prasana, tenaga kepelatihanan, pembiayaan dan kondisi geografis. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya dipandang perlu melakukan terobosan model penyelenggaraan pelatihan non klasikal lainnya.

Innovation Learning Center (Innocent) adalah sebuah situs pelatihan non klasikal untuk peningkatan kompetensi SDM ASN/Non ASN Kementerian Agama Prov. Jawa Barat melalui teknik perkonsultansian jalur belajar mandiri (self development); komunitas belajar (community of practices); dan bimbingan lembaga dengan menggunakan Teknologi Informasi. Sasaran dari pengembangan kompetensi adalah Guru Madrasah, Kepala madrasah, Pengawas Madrasah, Satuan Pendidikan Madrasah, Guru PAI Sekolah, Pengawas PAI Sekolah, Penghulu, Penyuluh Agama, SDM Kantor Kementerian Agama Kab. /Kota Provinsi Jawa Barat.

Pengembangan Innocent dilakukan dengan menggunakan tahapan Labolatorium Inovasi melalui tahapan: 1) Drump-Up; 2) Diagnose; 3) Design; 4) Delivere; 5) Display; (5D) dan D ke enam yaitu Document. Sampai saat ini Pengembangan Innocent sudah pada tahapan display dengan alamat URL yang digunakan adalah https://bandungsiemapede.id/innocent.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait