Top
    bdk_bandung@kemenag.go.id
(022) 7800147
OLEH-OLEH KHAS PANDEMI COVID 19

OLEH-OLEH KHAS PANDEMI COVID 19

Sabtu, 31 Juli 2021
Kategori : Gumeulis
754 kali dibaca

OLEH-OLEH KHAS PANDEMI COVID 19
Muhammad Abdul Jabar Alkarim, S.Pd.
Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi

 

Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara, dengan tujuan utama yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan juga dapat diperoleh salah satunya yaitu dengan menempuh kegiatan belajar di sekolah. Akan tetapi di masa Pandemi Covid 19 ini kegiatan belajar mengajar di sekolah yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini dialihkan menjadi model Pembelajaran Jarak Jauh atau Bahasa sederhananya yaitu Belajar Dari Rumah (BDR). Dengan melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah di masa Pandemi Covid 19 ini, Guru dituntut untuk serba maksimal baik dalam mempersiapkan materi belajar sampai dengan tata cara menyampaikannya kepada siswa dengan menggunakan berbagai macam media inovatif yang tersedia.
Adapun berbagai macam inovasi yang guru terapkan dalam kegiatan pembelajaran tentunya memilliki tujuan agar siswa memperoleh pemahaman yang baik terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Karena tanpa inovasi, pembelajaran akan terasa hambar bahkan bisa timbul rasa membosankan, terlebih kegiatan belajar ini dilakukan oleh guru maupun siswa di rumahnya masing-masing. Oleh karenanya saya sebagai salah satu Guru Mata pelajaran Matematika pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi berusaha semaksimal mungkin membuat sebuah karya inovatif demi terciptanya kegiatan belajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Karya inovatif yang dibuat bukanlah sesuatu hal yang baru, saya yakin semua kalangan baik itu siswa, guru maupun masyarakat pada umumnya sudah tahu dan mengenal betul media inovatif yang saya pakai dalam kegiatan pembelajaran ini, nah… faktor tersebutlah yang menjadikan saya berfikir bahwa akan lebih mudah dalam memberikan materi kepada siswa tanpa harus bersusah payah memberikan tatacara bagaimana melihat materi ajar yang saya buat tersebut. Yaa… YOUTUBE, merupakan media yang saya pakai dalam menerapkan kegiatan pembelajaran khususnya bidang Matematika, mengapa harus Youtube ? saya rasa semua guru tahu respon siswa terhadap Mata Pelajaran yang satu ini, sulit rasanya jika belajar matematika tanpa adanya penjelasan rinci yang disampaikan oleh seorang guru, apalagi belajar pada masa pandemi Covid 19 ini dilakukan secara online dan dibatasi oleh waktu sekolah yang singkat.  
Menurut saya, Pemberian materi Matematika secara Online seperti halnya dengan menggunakan Aplikasi Meeting dirasa kurang puas, terkadang masih ada beberapa kendala yang diperoleh seperti halnya siswa masuk terlambat kegiatan Meeting, kendala kuota dan model Handphone yang digunakan juga menjadikan alasan bagi beberapa siswa, sehingga materi yang saya sampaikan dirasa kurang maksimal, karena tidak semua siswa menjadi audiens pada Meeting dalam kegiatan belajar tersebut. Oleh karenanya munculah ide untuk menggunakan Media Youtube, adapun Langkah yang saya lakukan ini memiliki tahapan, diawali dengan merekam video menggunakan Handphone pribadi, alat-alat seperti papan tulis kecil dan juga spidol serta buku referensi yang digunakan harus dipersiapkan dengan baik. Kemudian setelah semua siap mulailah saya menjelaskan materi yang akan disampaikan kepada siswa untuk keesokan harinya menggunakan Bahasa sendiri dengan sesederhana mungkin agar siswa dapat memahami maksud materi yang saya sampaikan. Selain itu, saya juga menamai konten video Materi Matematika di Youtube ini dengan nama BIMOLI ala Pak Jabar, yang memiliki arti singkatan yaitu Belajar Ilmu Matematika Online Inovatif ala Pak Jabar. Alhamdulillah setelah hal tersebut saya lakukan secara rutin, untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan belajar yang dilakukan, diberikanlah angket kepuasan pembelajaran, dan luar biasa respon siswa sangatlah positif dengan adanya Materi Pembelajaran Matematika yang saya buat ini, mereka merasa seperti diajar langsung oleh gurunya serta dapat memutar video pembelajaran secara berulang-ulang untuk memperoleh pemahaman yang maksimal sebelum mengerjakan tugas yang diberikan.
Konten yang saya buat ini khusus untuk siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi dan pada umumnya untuk seluruh siswa siswi tingkat SMA/MA/SMK/MAK, ya.. meskipun saya hanya memiliki sedikit ilmu dibandingkan dengan guru-guru lain yang lebih hebat dan punya banyak inovasi, setidaknya saya sudah berusaha memberikan Oleh-Oleh untuk diri saya sendiri serta siswa dan siswi yang saya ajar selama masa Pandemi Covid 19 ini masih berlangsung. Saya berharap Pandemi Covid 19 ini cepatlah berlalu agar Kegiatan Belajar dan Mengajar di Sekolahpun normal kembali sebagaimana biasanya Aamiin ya Allah…


Sumber :

Penulis : Muhammad Abdul Jabar Alkarim

Editor : Firman Nugraha

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP