Top
    bdk_bandung@kemenag.go.id
(022) 7800147
Telisik 14: AKTUALISASI PROFESIONALITAS DALAM BEKERJA

Telisik 14: AKTUALISASI PROFESIONALITAS DALAM BEKERJA

Senin, 18 April 2022
Kategori : Telisik
47 kali dibaca

Oleh:

Dr. H. Firdos Mujahidin, M.Ag.

Kedahsyatan individu dalam menjalani pekerjaaannya terletak pada profesionalitasnya. Profesionalitas yang dimiliki oleh individu di sebuah organisasi dipastikan akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi tersebut. Sekedar mengingatkan bahwa profesionalitas seseorang menurut Prof. Nana Sa’odih Sukmadinata bisa dimiliki oleh sesorang jika seseorang tersebut memiliki kompetensi yang standar untuk melakukan tugasnya dan kinerja yang standar dalam menlajankan tugasnya. Setiap jabatan yang diemban oleh sesorang dipastikan ada kompetensi yang harus dimilikinya, Aparatur Sipil Negara (ASN) menurut Undang-Undang Nomor 05 Tahun 2014 diwajibkan memiliki kompetensi teknis, menejerial dan sosiokultural sebagai kemampuan yang wajib dimiliki agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Kinerja merupakan bukti seseorang dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatannya dan kompetensi yang dimilikinya. Idealnya seseorang yang telah memiliki kompetensi yang memadai dapat berkinerja tinggi, namun realitanya banyak orang yang telah memiliki kompetensi memadai tidak berkinerja tinggi sebagaimana seharusnya.

Hal lain diungkapkan oleh Bahrul Hayat Ketika menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Agama yang menyebutkkan dalam setiap pembinaannya bahwa orang professional itu adalah orang yang mempunyai ciri selalu self development (mengembangkan diri), self certification (menjaminkan dirinya layak pada pekerjaannya), self supervise (selalu mensuvervisi dirinya), integrity (berintegritas) dan punya mission (tujuan, yaitu ingin menjadi pegawai terbaik diorganisasinya). Jika pendapat ini selalu diamini dan diimplementasikan secara istiqamah maka personal yang professional bisa terwujud.

Kehadiran personal professional selalu dibutuhkan oleh setiap organisasi, memberi manfaat untuk organisasi, menjadi penentu terhadap ketercapaian tujuan organisasi, memberikan kebahagian bagi semua anggota di organisasi dan selalu mementingkan ketercapaian tujuan organisasi daripada kepentingan pribadi atau kelompoknya. Kata professional mungkin perlu terus diaktualkan agar kita semua terpacu untuk lebih berkonstribusi untuk organisasi sesuai tugas dan fungsinya.

Profesionalitas adalah kosa kata yang telah lama dikenal, mengaktualkan dalam bekerja menjadi sebuah keniscayaan agar hasil pekerjaaannya memuaskan semua pihak. Personal yang professional selalu memberikan yang terbaik untuk organisasi dan lingkungan. Oleh karena itu personal yang professional akan selalu dikenang orang dan senantiasa dirindukan kehadirannya sepanjang masa. Semoga kita diistaqamah menjadi orang yang professional, Aamiin.


Sumber : publikasi bdk bandung

Penulis : firdos mujahidin

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP