Top
    bdk_bandung@kemenag.go.id
(022) 7800147
Telisik 19: PERSIAPAN MENJADI PEMIMPIN/PEJABAT

Telisik 19: PERSIAPAN MENJADI PEMIMPIN/PEJABAT

Senin, 23 Mei 2022
Kategori : Telisik
28 kali dibaca

PERSIAPAN MENJADI PEMIMPIN/PEJABAT
Oleh: Dr. H. Firdos Mujahidin, M.Ag.

 

Tulisan ini diawali dengan sebuah pertanyaan, apakah seorang pemimpin adalah orang terbaik di daerahnya atau organisasinya? Pertanyaan ini sering muncul dan terus muncul apalagi ketika melihat suatu kebijakan yang menurut pikiran terbatas kita tidak bijak, padahal kebijakan itu seharusnya bijak, berarti ada sesuatu dengan pemimpin/pejabat yang melahirkan kebijakan itu. Begitulah kesimpulan emosional sementara waktu itu.
 
Asal kata pemimpin menurut KBBI daring adalah pimpin, artinya orang yang memimpin. Pemimpin dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, mempengaruhi orang lain dan kelompoknya. Menurut Modern Dictionary of Sociology, pemimpin adalah seseorang yang memiliki peranan atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompoknya. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam perspektif manajemen pemimpin adalah seseorang yang bisa mempengaruhi, mengorganisir, menggerakkan, memberdayakan dan mengembangkan sumber daya yang dipimpinnya.

Banyak tulisan yang membahas tentang menjadi pemimpin yang baik. Di tulisan ini saya coba ajukan 4 (empat) hal yang menyebabkan seseorang dapat menjadi pemimpin, yaitu karena kompetensi, prestasi, relasi/koneksi dan kebutuhan organisasi. Kalau untuk menjadi pimpinan daerah karena dipilih oleh mayoritas warganya.

Untuk itu jika kita ingin berkonstribusi untuk organisasi dan negara ini dengan dipercayai sebagai pemimpin atau pejabat siapkanlah 4 hal di atas dan selebihnya berdoa semoga ditakdirkan Allah untuk menjadi pemimpin. Ketika jadi pemimpin, jadilah pemimpin yang amanah agar mulia dunia akhirat. Karena jika khianat maka akan terhina dunia akhirat... Wa Allah 'alam binal shawwab....


Sumber : publikasi bdk bandung

Penulis : Firdos Mujahidin

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP