TOP_PANEL

Zona Integritas

Wilayah Bebas Korupsi

Info CPNS Kemenag 2019

No Korupsi

Persiapan Akreditasi Lembaga Diklat

Bandung, 31 Mei 2019. Balai Diklat Keagamaan Bandung mendapat kesempatan pertama untuk menerima sosialisasi persiapan akreditasi Diklat Teknis Pendidikan dan Kagamaan. Hadir sebagai narasumber Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus, M.Pd. dari Pusdiklat Tenega Teknis Pendidikan dan Keagamaan Jakarta. Diantara paparannya disampaikan bahwa Balai Diklat hndaknya menyiapkan sepuluh diklat yang akan diakreditasi, masing-masing lima diklat teknis pendidikan dan lima diklat teknis keagamaan.

Akreditasi lembaga diklat merupakan hal yang penting. Karena di dalamnya bukan hanya menunjukan jaminan mutu diklat, melainkan juga menjadi sbuah jaminan untuk tetap dapat memiliki kewenangan penyelenggaraan diklat. Sejauh ini, seperti dicontohkan oleh narasumber, diklat petugas haji dan PLPG bagi tenaga pendidikan tidak dilaksanakan oleh Balai Diklat karena salahsatu alasannya adalah lembaga diklat belum terakreditasi. Maka dua diklat tersebut plaksanaannya dikerjasamakan dengan perguruan tinggi terkait yang sudah terakreditasi.

Didampingi oleh kepegawaian Balai Diklat, paparan dipersiapan akrditasi ini diikuti sekitar 20 orang pegawai yang tidak sedang dinas luar. Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam tahap pertama menuju akrditasi ini dibentuk tim yang diketuai oleh Kepala Seksi diklat terkait. Dalam tim ini nanti dibagi tugas sesuai dengan jumlah isian dalam borang pengajuan akreditasi.


Diakhir paparannya ditegaskan bahwa Balai Diklat Keagamaan Bandung, meskipun untuk meraih predikat B tampaknya tidak terlalu mengalami kesulitan, namun jangan berhenti di situ. Hendaknya Balai Diklat Keagamaan Bandung bertekad untuk meraih predikat A. untuk itu maka persiapan ini menjadi penting.

: