Ahmad Pathoni: Moderasi Beragama Indikator Karakter Bangsa
  • BDK Bandung
  • 8 Mei 2023
  • 128x Dilihat
  • Berita

Ahmad Pathoni: Moderasi Beragama Indikator Karakter Bangsa

Bandung (08/05/2023) “Penguatan moderasi beragama menjadi salah satu indikator utama sebagai upaya membangun kebudayaan dan karakter bangsa. Moderasi beragama juga menjadi salah satu prioritas di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 Kementerian Agama”. Demikian disampaikan Ahmad Pathoni dalam pembukaan Pelatihan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama (PPBM) Angkatan I, II, dan III di Aula Djuhany Sumantadisastra BDK Bandung.

Pelatihan yang diikuti 90 orang peserta yang terdiri dari Guru Madrasah, Guru PAI, dan Guru Agama Kristen ini akan berlangsung selama enam hari ke depan yang akan ditutup pada hari Sabtu (13 Mei).

“Lalu bagaimana menerapkan moderasi beragama di lingkungan pendidikan? Inilah yang menjadi challangge kita, bagaimana kita berteman dengan rekan kerja guru yang berbeda agama, mungkin ada anak didik yang berbeda agama. Kita harus berbesar hati untuk melayani”. Ujar Kepala Bidang Urais.

Menurut Firdos Mujahidin, Ketua Tim Teknis, Dasar Hukum pelaksanaan pelatihan ini adalah diantaranya Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Keputusan Menteri Agama No. 93 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Moderasi Beragama pada Kementerian Agama, dan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2022 Petunjuk Teknis Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

“Tujuan dari pelatihan ini yaitu membentuk kader moderasi beragama yang mampu mendiseminasikan moderasi beragama di lingkungan pegawai tempat kerja dan warga di lingkungan tempat tinggalnya”. Imbuh pria yang juga menjadi salah satu fasilitator dalam pelatihan ini.

Kegiatan upacara pembukaan pelatihan diakhiri dengan penyematan tanda peserta kepada tiga orang peserta sebagai perwakilan dari masing-masing angkatan. Serta do'a tutup oleh peserta.

Hadir juga dalam upacara Pembukaan Hj. Ryna Rachmawati, M.Ed. – Ketua Panita PPMB Angkatan I,  Dra. Hj. Siti Nurhayati, M.M.Pd. - Ketua Panita PPMB Angkatan II, dan Urip Muryanto, M.Pd. - Ketua Panita PPMB Angkatan III, para akademis dan panitia dari setiap angkatan. [WT]