Ajam Mustajam: Trasformasi Digital sebagai Optimalisasi Layanan
  • BDK Bandung
  • 27 April 2023
  • 134x Dilihat
  • Berita

Ajam Mustajam: Trasformasi Digital sebagai Optimalisasi Layanan

Bandung, 27 April 2023. “Hadirnya era digital meniscayakan lahirnya banyak perubahan yang menjadi dampak ikutan, termasuk dalam pelaksanaan tugas sehari-hari”. Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Drs.H. Ajam Mustajam, M.Si dalam sesi pembukaan pelatihan kepemimpinan pegawas di Aula Djuhany Sumantadisisatra.
“secara teknis kehadiran pegawai bisa dibantu atau bahkan digantikan oleh teknologi” lanjutnya. “Dengan demikian makna kehadiran seorang pemimpin semisal saudara-saudara ini adalah untuk memastikan adanya peningkatan kualitas layanan, membuat hal rumit  menjadi sederhana, mudah dan yang lambat menjadi cepat.” tegasnya.
Hal ini senada dengan sambutan Kepala Balai Diklat Keagamaan Bandung sebelumnya. Dr. H. Aguslani Mushlih, M.Ag. mengamanatkan salaha satu peran dan fungsi Aparatur Sipil Negara adalah sebagai pelayan publik.
“Artinya, saudara-saudara ini adalah alat pemuas, tapi jangan keliru, maksudnya yaitu memberikan kepuasan atas layanan saudara kepada pelanggan.” Demikian pria yang sebelumnya sebagai widyaiswara ini menegaskan.
Kegiatan pembukaan ini  sendiri merupakan rangkaian ketiga dalam kegiatan pelatihan, setelah sebelumnya para peserta mengikuti MOOC dengan Lembaga Administrasi Negara dari tanggal 3 sampai dengan 28 Maret 2023, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan belajar melalui e-learning dari tanggal 29 Maret sampai dengan 18 April 2023.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BDK Bandung, H. Agus Nasihatul Ahyar, S.Pd.I dalam laporan kegiatan.
Pelatihan dengan pola blended yang diikuti oleh 29 peserta para kepala seksi dan kasubbag TU kemenag se-Jawa Barat ini akan berakhir nanti tanggal 18 Juli setelah mereka mengikuti kegiatan-kegiatan selanjutnya seperti studi lapangan dalam kegiatan klasikal tahap pertama ini, kemudian implementasi projek perubahan, Kembali ke kampus dalam klasikal kedua dan berakhir dengan penutupan.
Kegiatan pembukaan diakhiri dengan penyematan tanda peserta kepada dua orang peserta (sebagai perwakilan) Serta do'a tutup oleh H Zainal [AM]