Kakankemenag Kota Depok, Penyuluh agama harus jadi penyejuk di tengah umat.
  • BDK Bandung
  • 20 Februari 2023
  • 92x Dilihat
  • Berita

Kakankemenag Kota Depok, Penyuluh agama harus jadi penyejuk di tengah umat.

Depok 20 Februari 2023. "Depok telah tumbuh menjadi kota  Metropolitan, dia bisa menjadi prototipe atau miniatur dari Indonesia itu sendiri yang beragam baik suku maupun juga agama." demikian disampaikan oleh Kepala Kemenag  Kota Depok dalam giat pembukaan pelatihan di wilayah kerja bagi tenaga penyuluh agama (20/2/2023).  Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari kedepan, dan diikuti oleh 30 orang tenaga penyuluh agama se kota Depok, dengan menggunakan kelas di MTsN 1 Depok.

"Dengan demkian, kehadiran penyuluh agama yang menyejukkan sekaligus mencerahkan, menjadi sangat penting di tengah kompleksitas umat." Demikian imbuh pria yang bernama asli Enjat Mujiat ini.

Kakankemenang juga memberikan contoh saat ini isu yang banyak digoreng adalah terkait kenaikan biaya haji. Maka penyuluh agama harus mampu memberikan penjelasan yang menentramkan dan menyejukkan agar tidak menjadi bagian dari hiruk pikuk keresahan umat.

Lebih lanjut pria yang murah senyum ini mengingatkan para peserta sebagai penyuluh agama Islam yang sebentar lagi akan menghadapi kegiatan tahunan bulan suci Ramadan,  untuk senantiasa menyampaikan kembali  pesan-pesan inti dari Surat Edaran Menag Nomor 5 Tahun 2022 yaitu tentang pengaturan pengeras suara.

Hal ini sangat penting karena Depok sudah bukan lagi suatu wilayah dengan konsep pemukiman perdesaan dengan kecenderungan pemelukan agama dan tradisi yang homogen.

"Diharapkan dengan adanya wawasan yang positif mengenai implementasi surat edaran tersebut nuansa kerukunan yang selama ini sudah tumbuh di Depok dapat terus terpelihara." Demikian, Enjat mengakhiri pesannya. [FN]