Kunjungan Tim Kerja PPID BDK Bandung ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • BDK Bandung
  • 27 Juni 2023
  • 174x Dilihat
  • Berita

Kunjungan Tim Kerja PPID BDK Bandung ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bandung (27/06/2023) Tim Kerja PPID BDK Bandung melaksanakan kunjungan kerja ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung terkait dengan Layanan Informasi Publik bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Tim PPID menyambut hangat kunjungan dari BDK Bandung, banyak hal yang Tim Kerja BDK Bandung dapatkan, dimulai dari tahap persiapan, perencanaan, penganggaran, tahapan studi banding, kerja sama dengan lembaga terkait, peraturan-peraturan, implementasi, sampai dengan hal teknis seperti Pedoman, SOP, website, dll.




Kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 27 Juni 2023 Pukul 10.00 WIB bertempat di Kantor Layanan Informasi Publik UIN SGD Bandung, adapun kegiatan kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Ketua pelaksana PPID Pelaksana - Dr. Iu Rusliana, S.Fil.I, anggota tim PPID - Dian Nuraiman, S.Si., M.Sc., Ph.D., Nurhana S.Si, dan Syahrul, S.Ag.
Dalam paparannya, Dr. Iu Rusliana menyatakan bahwa PPID UIN Bandung melakukan soft launcing pada Oktober 2021. Berawal dari posisi kedua terbawah sebagai lembaga pemerintah  dengan nilai indeks  informasi tak terbuka menjadi urutan ke enam nasional lembaga pemerintah dengan informasi terbuka di tahun 2023. Perkembangan yang membanggakan itu diraih dengan kesungguhan, kerja keras, koordinasi dan suporting semua bagian termasuk pimpinan UIN Sunan Gunung Djati.



Perjalanan PPID UIN SGD dimulai dengan penyamaan persepsi tentang pentingnya keterbukaan informasi publik yang sudah menjadi amanat Undang-undang no 14 tahuhn 2008. Kemudian menggandeng Komisi Informasi Pusat untuk menyusun panduan keterbukaan informasi publik, standar operasional prosedur, format formulir permohonan informasi publik dan lain sebagainya. Untuk meneguhkan semangat kerja, PPID UIN SGD juga melakukan studi banding ke PPID berbagai perguruan tinggi negeri di Yogyakarta dan Jawa Timur.



PPID adalah lembaga non struktural dibidang  informasi publik dalam bentuk  informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/ atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/ atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Ruang lingkupnya yang luas membedakan fungsi PPID dengan humas. “Sebagai keluarga besar kementerian agama, PPID UIN SGD akan membantu memfasilitasi BDK Bandung yang akan membangun PPID sendiri” pungkas Dr. Iu Rusliana menutup kunjungan kerja ini. [WT]