Mutiara Hikmah: 11 Desember 2021

Mutiara Hikmah: 11 Desember 2021

Mutiara Hikmah Hari Ini Sabtu 11.12.21

CATATAN PENTING KOMUNIKASI

1. Ada ibu² curhat soal anaknya yang tantrum, ada yang komen : Alhamdulillah anakku gak pernah tantrum sih, apalagi sampe guling² di depan umum.

2. Ada ibu² curhat soal suaminya yang gak romantis, ada yang komen : Wah, suamiku sih romantis banget. Sering banget bilang ai lop yu ke aku.

3. Ada ibu² curhat soal anaknya yang nilainya pas²an, ada yang komen : Alhamdulillah anakku nilainya bagus terus, rata² 90-100. Jarang banget dapet nilai dibawah 800.

4. Ada ibu² curhat soal beratnya ninggalin anak untuk bekerja, ada yang komen : Itulah makanya aku gak mau kerja lagi. Gaji gak seberapa, tapi kehilangan waktu sama anak.

5. Ada yang curhat soal sakitnya dan biaya berobat yang mahal, ada yang komen : Alhamdulillah keluarga saya jarang ada yang sakit. Sayang kan kalo udah kerja susah² tapi uangnya habis buat berobat.

***

Manusia selalu punya kecenderungan untuk merasa lebih dari orang lain. Terkadang kecenderungan ini begitu kuatnya sehingga orang lupa bagaimana berempati. Padahal jika saja kita bisa lebih menempatkan diri, dunia pasti akan terasa lebih indah.

Bandingkan jawaban di atas dengan :

1. Iya, namanya anak² emang ada yang suka tantrum ya. Tapi semakin besar nanti akan reda, Bu. Keponakan saya juga dulu ada yang kecilnya sering tantrum, sekarang udah besar malah jadi soleh sekali.

2. Laki² emang gak sesensitif perempuan sih ya. Tapi kan suami ibu bertanggung jawab, itu juga romantis lho kasih icon senyum

3. Anak kan beda² ya. Nilai akademis bukan yang utama, bu. Yang penting soleh dan rajin sholat. Anak ibu saya lihat ngajinya bagus banget. Mudah²an jadi hafidz ya bu.

4. Jalanan emang sekarang makin macet ya, bu. Tapi anak² sebenarnya pinter kok. Mereka juga tau ibunya kerja untuk mereka.

5. Iya ya bu, biaya pengobatan sekarang mahal. Mudah²an ibu lekas sembuh ya. Kembali sehat seperti sediakala. Insya Alloh untuk biaya ada rejekinya nanti ya bu.

***

Dari catatan tersebut diatas yang mana yg akan mampu membangun engagement, influence & long relationship ??

Yuuk kita belajar komunikasi asertif
(Syauqi-SCB)
----
Selamat ber-weekend-ria salam sehat dan bahagia untuk keluarga tercinta
----
SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم