PDWK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Angkatan I Kab Sukabumi
  • BDK Bandung
  • 20 Februari 2023
  • 105x Dilihat
  • Berita

PDWK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Angkatan I Kab Sukabumi

Sukabumi, 20 Februari 2022 – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pelatihan di wilayah kerja (PDWK) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Angkatan I. Pada putaran yang sama, Balai Diklat Keagamaan Bandung juga menyelenggarakan PDWK di 6 (enam) Kankemenag Kabupaten/ Kota lainnya, yaitu Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bogor. Pelatihan ini diselenggarakan selama 6 (enam) hari, mulai Senin, 20 Februari 2023 hingga Sabtu, 25 Februari 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari unsur guru madrasah tsanawiyah.

Dalam upacara pembukaan pelatihan, H. Oja Haerul Syam, S.Ag., M.Ag., Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Sukabumi menyambut baik kehadiran Kepala Balai Diklat Keagamaan Bandung, beserta tim panitia dan widyaiswara. Dalam sambutannya, Oja mengatakan bahwa guru merupakan ujung tombak pendidikan. Selanjutnya beliau menyebutkan bahwa pada 7 skala prioritas Kemenag, sebagian besar tidak lepas dari peran guru-guru madrasah. Sebagai penutup sambutan, beliau berpesan kepada bagian kepegawaian agar mencatat peserta yang tidak hadir pada kegiatan ini, karena mereka sudah mendapat penugasan dan sudah ditetapkan sebagai peserta, maka wajib untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kemudian beliau juga berpesan kepada para peserta agar melakukan diseminasi dengan guru-guru lain yang belum tersentuh oleh pelatihan mengenai PTK, lakukan pada forum MGMP.

Kepala Balai Diklat Keagamaan Bandung, Dr. H. Aguslani, M.Ag. memberikan sambutan selanjutnya sekaligus membuka pelatihan ini secara resmi. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kembali semua yang hadir sebagai ASN tentang payung hukum ASN, UU Nomor 5 Tahun 2014 kaitannya dengan 3 fungsi ASN. Fungsi-fungsi tersebut antara lain : ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwapenting untuk guru menyikapi perubahan-perubahan kurikulum, agar tetap mengupayakan 3 hal, yaitu : tingkatkan iman siswa, tingkatkan keterampilan dan juga akhlakul karimah siswa. Kemudian, beliau juga mengingatkan tentang empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara Indonesia yang disingkat PBNU, yang dapat diurai menjadi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Pelatihan dibuka secara resmi dengan bersama-sama mengucap surat Al-Fatihah. Sebelum menutup sambutannya, kepala BDK mengucapkan terimakasih kepada pihak Kankemenag Kabupaten Sukabumi yang telah memfasilitasi keiatan ini. Tidak lupa, beliau berpesan kepada para peserta mengikuti prosedur kegiatan  pelatihan serta prosedur kepegawaian, serta keuangan selama mengikuti pelatihan.

Pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kankemenag Kabupaten Sukabumi ini, dihadiri juga oleh Widyaiswara, Hj. Ryna Rachmawati, M.Ed. dan Niar Yuniarti, S.P., M.Pd., serta panitia dari BDK Bandung dan panitia daerah. (AT)