Pelatihan IKMBK di Lingkungan Kemenag Kab. Tasikmalaya
  • BDK Bandung
  • 22 Mei 2023
  • 120x Dilihat
  • Berita

Pelatihan IKMBK di Lingkungan Kemenag Kab. Tasikmalaya

BDK Bandung JUARA (22/05/2023) Bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Balai Diklat Keagamaan Bandung selenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK). Pelatihan berlangsung selama enam hari, dimulai tanggal 22 Mei sampai dengan 27 Mei 2023, bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Angkatan V ini diikuti oleh 30 peserta dari 5 komunitas Pendidikan yang terdiri dari unsur Kepala Madrasah, Guru, Pengawas Madrasah, Dosen serta perwakilan dari Kantor Kementerian Agama khususnya Seksi Pendidikan Madrasah dari lingkup Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan dibuka oleh H. Dudu Rohman, S.Ag., M.SI. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Dalam sambutan pembukaan disampaikan kepada seluruh peserta agar para peserta memanfaatkan kesempatan pelatihan ini, mengingat IKM BK adalah kurikulum yang berbasis komunitas yang mana melibatkan beberapa komponen yang dapat saling melengkapi. “Yang istimewa dari pelatihan ini, selain guru dan kepala madrasah, juga diikuti oleh pengawas, dosen dan pemangku Kebijakan”. ujar H. Dudu Rahman

Sementara mewakili Kepala Balai Diklat Keagamaan Bandung – H. Agus Nasihatul Ahyar, S.Pd.I. sebagai Ketua Kegiatan ini melaporkan tujuan dan sasaran pelaksanaan kegiatan In Service Training Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di Wilayah Kerja (PDWK) tahun 2023.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, serta dapat mengembangkn sikap mental yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan untuk sasaran agar para peserta mampu mengaplikasikan materi substansi Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas,”ungkapnya.
Melanjutkan laporannya, H. Agus Nasihatul Ahyar menjelaskan bahwa peserta akan melalui beberapa tahap untuk menyelesaikan pelatihan ini. Setelah pembukaan, peserta akan diarahkan untuk mengikuti on the job training melalui MOOC Pintar dari Pusdiklat Kementerian Agama RI. Dalam tahap ini, peserta dituntut memiliki kemandirian dan motivasi pribadi untuk mengakses bahan ajar dalam bentuk digital.
Peserta yang lulus tahap MOOC selanjutnya akan diarahkan ke tahap in the service training yang dilaksanakan di lokus masing-masing. Masuk ke tahap on the job training II, peserta melakukan praktik implementasi kurikulum merdeka di komunitas/madrasah masing-masing dengan pendampingan selama 25 minggu. Pada tahap penutupan akan ditentukan peserta yang layak lolos atau tidak.
Kabalai dan jajarannya berharap alumni IKMBK dapat menajdi pioneer atau role model dalam implementasi kurikulum merdeka. [INH]