Pendidikan di Masa Pandemi - Sukarno, S.Kom.

Pendidikan di Masa Pandemi - Sukarno, S.Kom.

Pendidikan di Masa Pandemi

Oleh : Sukarno, S.Kom _ MAN 1 Cirebon

Sudah melewati satu tahun lebih kita dihadapkan dengan wabah pandemi covid-19, entah bagaimana awal mula pandemi ini terjadi yang terpenting mulai dari sekarang kita harus sadar diri dan membiasakan diri untuk selalu menjaga protocol Kesehatan.

Pendidikan di masa pandemi sekarang ini kita diharuskan untuk menggunakan metode pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan para guru untuk dapat menggunakan teknologi dalam artian guru harus melek IT untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar, meskipun siswa belajar di rumah saja.

Tidak dipungkiri dampak pandemi ini sangat berpengaruh bagi dunia Pendidikan sekarang ini, mau tidak mau kita dituntut untuk menggunakan teknologi agar KBM tetap berjalan. Ada dampak negative dan positif dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi sekarang ini.

Dari sudut pandang kami sebagai guru, untuk pembelajaran daring dampak positifnya adalah kita lebih dapat mengembangkan teknologi dan lebih kreatif dalam KBM, tapi dibalik dampak positif ada dampak negatifnya yaitu proses KBM terkendala oleh sarana yang dimiliki oleh siswa terutama siswa yang “kurang dari segi ekonomi”, karena untuk  memiliki HP smartphone yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring tidak semua siswa mampu memilikinya terlebih siswa harus selalu memiliki kuota internet untuk PJJ, dan mungkin juga kendala akses internet di beberapa daerah menjadi kurang begitu efektif untuk PJJ ini.

Mungkin di kota-kota besar untuk akses internet sudah memadai dan sarana penunjang pun sudah tercukupi, namun lain halnya dengan daerah-daerah terpencil yang sulit mendapatkan akses internet, dan keterbatasan biaya untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran daring.

Dibalik itu semua pasti ada hikmah dalam situasi pandemi ini salah satunya kita mendapatkan ilmu baru dalam dunia IT, lebih dapat berkreasi, memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan selalu belajar agar lebih baik.

Mari kita panjatkan do’a semoga situasi sulit ini segera berakhir dan Indonesia bangkit Kembali. Awali dari diri kita dengan selalu menjaga protocol Kesehatan, selalu memakai masker, jauhi kerumuman, dan membatasi mobilitas. Ambil hikmah dari semua ini.