Sesban: Profesionalitas Widyaiswara Harga Mati
  • Widi Tigaras
  • 9 Februari 2023
  • 89x Dilihat
  • Berita

Sesban: Profesionalitas Widyaiswara Harga Mati

Bandung, 9 Februari 2023. Balai Diklat Keagamaan Bandung berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pembahasan formasi jabatan widyaiswara pasca terbitnya Permenpan Nomor 1 Tahun 2023. Dr. H. Muharram Marzuki, Sekretaris Badan (Sesban) Litbang dan Diklat hadir dan memberikan arahan dalam kegiatan tersebut.

Sesban mengingatkan agar para widyaiswara agar senantiasa meningkatkan profesionalitas. "Kemenag RI sudah tidak memiliki jabatan struktural yang ditambahkan, malah nyaris dikurangi. ASN dituntut profesional di bidang tugas." Tegasnya. 

Lebih lanjut, Sesban mengingatkan hal ini sejalan dengan arahan menteri, bahwa kekayaan TI tidak bisa lagi dielakkan. Maka profesionalitas WI harus ditingkatkan lebih maksimal, karena dikhawatirkan akan tertinggal oleh ilmu pengetahuan. 

Sesban juga meminta semua Kabalai untuk memberikan kesempatan kepada para WI untuk meningkatkan studi lanjut. Di samping itu, tentu saja menurutnya juga perlu disesuaikan dengan keterbukaan dalam formasi jabatan yang selama ini sering dituding menjadi pangkal sebab terhambatnya jenjang karir widyaiswara. 

Seiring dengan perubahan Badan Litbang dan Diklat menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada gilirannya diharapkan menjadi agen perbaikan ASN Kementerian Agama.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di aula Djuhanny Sumantadisastra Balai Diklat Keagamaan Bandung yang  dihadiri oleh seluruh koordinator widyaiswara BDK se-Indonesia.