30 peserta guru madrasah diniyah antusias ikut pelatihan
  • 25 Januari 2022
  • 304x Dilihat
  • Berita

30 peserta guru madrasah diniyah antusias ikut pelatihan

Subang Selasa 25 Januari 2022, para Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah semangat mengikuti rangkaian kegiatan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Angkatan 1 yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung yang bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang (Kankemenag). Peserta diikuti oleh 30 Orang Guru Madrasah Diniyah yang mewakili kecamatan di seluruh wilayah Kankemenag Kabupaten Subang.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 24 sampai dengan 29 Januari 2022 yang meliputi 60 (enam puluh) jam mata pelatihan sesuai dengan kurikulum dari pusdiklat tenaga teknis Pendidikan dan keagamaan. Kurikulum mata pelatihan ini terbagi kedalam 3 kelompok. 1) Kelompok Dasar, 2) Kelompok Inti dan 3) Kelompok Penunjang yang terdiri dari:

1. Kelompok Dasar

- Pembangunan Bidang Agama

- Nilai-Nilai Dasar  Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Agama

- Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama 

 

2. Kelompok Inti

- Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah

- Analisis SKL, SK-KD Madrasah Diniyah

- Materi Esensial Madrasah Diniyah

- Model-Model Pembelajaran Madrasah Diniyah

- Media Pembelajaran Madrasah Diniyah

- Penilaian Hasil Pembelajaran Madrasah Diniyah

- Praktik Pembelajaran Madrasah Diniyah

 

3. Kelompok Penunjang 

- Overview

- Building Learning Commitment

- Rencana Tindak Lanjut

- Evaluasi Program

- Ujian

 

Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk peningkatan kompetensi para guru madrasah diniyah yang notabene jarang tersentuh pelatihan karena umumnya di dominasi Guru Non PNS. Kepala Sub Bagian tata Usaha Kankemenag Kab. Subang Bpk. H. Hasanudin dalam paparannya dalam kesempatan pembukaan pelatihan menyampaikan kedepan pelatihan seperti ini lebih diperbanyak lagi mengingat kekuatan pegawai guru madrasah diniyah di wilayah kabupaten subang sangat banyak sekali mencapai 1000 orang lebih yang terdata di simpatika. [bading]