BDK Bandung meraih Sertifikat Mutu Pelatihan Teknis dengan Kualifikasi Sangat Bermutu
  • BDK Bandung
  • 17 Maret 2024
  • 67x Dilihat
  • Berita

BDK Bandung meraih Sertifikat Mutu Pelatihan Teknis dengan Kualifikasi Sangat Bermutu

Gambar

Balai Diklat Keagamaan Bandung mendapat sertifikat mutu pelatihan teknis dengan qualifikasi sangat bermutu. Sertifikat diterima oleh plt. Kepala Balai Diklat, H. Agus Nasihatul Ahyar (17/03) di Hotel Sahira Bogor. 

Kepala Pusdiklat Teknis Dr. H. Mastuki, M.Ag., menyampaikan dalam sambutannya bahwa dalam kegiatan yang akan diselenggarakan selama tiga hari  ini akan dibahas beberapa agenda, yakni memperluas pembahasan yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi  pusdiklat, BDK, dan loka, briefing SIMAK, dan mengkaji ulang instrumen mutu baik secara internal dan eksternal.

Sementara itu  Kabalitbang Diklat Prof. A. Suyitno dalam arahannya menggarisbawahi bahwa seharusnya mutu ini tidak hanya sekedar administration-oriented yang lebih kepada evaluasi pelatihan, keterlaksanaan evaluasi, teknik penilaian. Menurutnya harus ada dua komponen penting lainnya yang melengkapi yaitu  sarana prasarana baik konvensional maupun digital (kelas layak, fitur kelas virtual, dll), dan aspek SDM-nya yang dilihat dari riwayat ToT, MoT, atau jumlah widyaiswara yang mengikuti short course luar negeri. 
Kaban juga menggagaa adanya "Bulan Mutu". Di mana setiap BDK dan Loka untuk memiliki keunggulan yang distingtif sehingga dapat membantu meningkatkan raihan mutu. Menurutnya hal itu juga perlu disokong oleh Media sosial yang akan berperan penting dalam mempertahankan eksistensi lembaga. 

Kaban menekankan kegiatan-kegiatan seremonial sudah harus bergeser  ke dalam angle yang berbeda. Harapannya  dapat menarik perhatian khalayak yang lebih luas. [VLA]