BELAJARLAH DARI LAMPU LALU LINTAS (MERAH, KUNING,HIJAU)
  • 6 Agustus 2021
  • 14528x Dilihat
  • Gumeulis

BELAJARLAH DARI LAMPU LALU LINTAS (MERAH, KUNING,HIJAU)

BELAJARLAH DARI LAMPU LALU LINTAS (MERAH, KUNING,HIJAU)

Pendidikan merupakan  proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan sepanjang hidupnya. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Tujuan Pendidikan di Indonesia tercantum  dalam UU. No. 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 disebutkan tentang tujuan pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.

Adapun Pandemi yaitu wabah penyakit yang terjadi serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh Negara/benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia.

Covid-19 ini memang menjadi tantangan yang sangat berat dalam bidang pendidikan,terutama Indonesia dengan puluhan Juta rakyat yang menyebar diberbagai daerah terlebih lg diberbagai pelosok.

Pemerintahan dalam hal ini, sudah mengetahui dampak baik dan negatif dari semua kebijakan saat ini,baik dari internal maupun eksternal.

Tidak ada Pemerintah di Negara  maupun ingin menghancurkan Negaranya sendiri baik dari segi  Sosial, Agama, Budaya, Ekonomi, serta Pendidikan khususnya. Sebab landasannya berdasarkan aturan UUD ,UU, dan WHO.

Perlu kita sadari bahwa Pendidikan saat pandemi pasti berbeda dengan Pendidikan sebelumnya. Namun segi positifnya yaitu adanya kreatifitas Pendidik Dan peserta didik muncul dibidang IT, keluarga kembali menjadi landasan dini pembentukan karakter anak yang selama ini kurang diperhatikan orang tua, Beribadah tidak perlu dipandang orang lain semata-mata kewajiban sebagai hamba, polusi udara berkurang, dll. Adapun Negatifnya ; Tugas anak dikerjakan orang tua pada umumnya sedangkan anaknya menghabiskan kuota yang kadang dari Pemerintah seharusnya Untuk Belajar daring justru main game,TikTok dll; sebagian anak didik teracuni,terhipnotis dengan maraknya hoax,ujaran kebencian dimedsos yang terus menerus akhirnya pembentukan karakter buruk pun terjadi bagi generasi muda secara tidak langsung; Biaya orang tua lebih banyak untuk anaknya; tumbuhnya rasa takut melebihi pada Tuhannya, Merasa lebih beragama melebihi aturan Agamanya itu sendiri yang memberi kemudahan penganutnya; tumbuh budaya adu domba seperti zaman kolonial; dll.

Saat ini Kita diwajibkan tetap bersyukur;berusaha jaga kesehatan;Meyakini kalau Agama itu tidak mempersulit bagi orang yang beragama Saat Pandemi;belajar baik sangka pada Tuhan melalui baik sangka pada orang sebab mereka makhluk ciptaan Tuhan, bukankah Kita sulit baik sangka pada seseorang apalagi baik sangka kepada Tuhan selaku Sang Pencipta; Tuhan tidak membebani Hamba melebihi batas kemampuannya; dll. Pendidikan saat ini memang ada negatifnya tapi jangan melupakan positifnya. Manusia juga ada baik ada yang belum baik. Ada siang ada Malam. kadang hidup kita kekurangan kadang kelebihan. Menurut pribadi, bahwa  Pendidikan Indonesia akan maju dengan cara belajar dari lampu lalu lintas (Merah,Kuning, Hijau). Terima Kasih.

Penulis : Solehuddin