Cita Ideal Layanan Pelatihan di Era Digital
  • BDK Bandung
  • 25 Januari 2024
  • 51x Dilihat
  • Berita

Cita Ideal Layanan Pelatihan di Era Digital

Gambar

Bandung 25 Januari 2204. Kabalitbangdiklat Prof. Suyitno @caknoyitno memberikan arahan dalam pertemuan sinkorinisasi dan optimalisasi layanan simdiklat bertemakan "Peningkatan Kapasitas Insan Digital" yang bertempat di Hotel Shakti Bandung 24 - 26 Januari 2024.

Kaban mengingatkan pentingnya perampingan aplikasi. Menurutnya transformasi digital idealnya menyatukan aplikasi yang sudah ada, bukan malah menjadi banyak aplikasi. 

"Simdiklat menjadi aplikasi hebat di zamannya, terutama diklat konvensional. Namun, aplikasi yg hebat pada masa lalu belum tentu tetap hebat di masa kini. " Ujar guru besar UIN Palembang ini. 

Kaban memimpikan simdiklat ke depan untuk dilebur menjadi aplikasi yg performanya full digital teknologi. Sesuai dengan eranya, layanan pelatihan ke depan harus semakin bersifat mandiri (self service), tidak lagi bersifat konvensional seperti pelatihan klasikal reguler di kampus maupun di wilayah kerja. 

"Semua pelatihan mengarah untuk berbasis digital. Melalui  teknologi digital maka akan mengurangi pertemuan yang bersifat konvensional seperti kegiatan sekarang ini" Tegasnya. 

"Dilihat dari sisi anggaran, digital teknologi akan mengurangi biaya biaya. Artinya efesiensi anggaran semakin nyata yang pada gilirannya skema anggaran bisa dialihkan pada kegiatan-kegiatan lain yang sama-sama prioritas. Untuk itu, penting SDM yang terlibat dalam layanan pelatihan harus melek IT dan siap dengan perkembangan teknologi." Pungkasnya,  dalam kegiatan yang digawangi oleh Pusdiklat Administrasi ini. [FN]