Eksistensi Penyuluh Agama di Era Informasi Digital
  • BDK Bandung
  • 13 Februari 2023
  • 115x Dilihat
  • Berita

Eksistensi Penyuluh Agama di Era Informasi Digital

Sumedang, 13 Februari 2023. Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sumedang, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung selenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK). Dengan tajuk Pelatihan Media Penyuluhan Berbasis TIK Angkatan I.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 penyuluh agama di Kab. Sumedang, Pelatihan Berlangsung selama enam hari ke depan, dimulai tanggal 13 s.d. 18 Februari 2023.
Pelatihan dibuka oleh Kepala Kemenag Kab. Sumedang – H. Jajang Apipudin, M.Ag. Dalam sambutannya Kepala Kemenag menyampaikan bahwa "Eksistensi penyuluh dilihat dari keberadaanya dalam mengawal kebijakan dan program prioritas kementerian di tengah masyarakat."

Menurut Kepala Kemenag, Pelatihan terkait TIK menjadi relevan dengan tantangan kekinian di era informasi digital. "Sangat penting bagi penyuluh untuk senantiasa meningkatkan wawasan dan keterampilan, salah satunya melalui pelatihan TIK ini." Imbuhnya.

Penyuluh diharapkan dapat memberikan warna dalam medsos yang sehat, baik memberikan Informasi keagamaan maupun counter atas isu isu yang negatif. Termasuk isu kenaikan biaya haji yang banyak digoreng oleh pihak yang belum paham atau memanfaatkannya untuk mendiskreditkan Kementerian Agama.  

"Karena itu tolong dioptimalkan kesempatan langka ini, agar bapak ibu dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat." Demikian, Kepala Kemenag mengakhiri arahannya.

Penulis: LG
Editor: WT