GURU AKAN KALAH JIKA TIDAK BERUBAH (KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI GURU DI ERA DIGITAL)

GURU AKAN KALAH JIKA TIDAK BERUBAH (KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI GURU DI ERA DIGITAL)

GURU AKAN KALAH JIKA TIDAK BERUBAH

(KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI GURU DI ERA DIGITAL)
Oleh: Nurul Fazriah, S.Pd.

“sungguh unik perkara orang mukmin, sesungguhnya seluruh perkaranya baik, dan itu tidaklah dimiliki kecuali oleh orang mukmin. Apabila ia diberi nikmat, ia bersyukur, dan ini baik baginya dan apabila ditimpa musibah, ia bersabar, dan ini pula baik baginya” (HR. Muslim)

Hidup memang tidak selalu indah tapi selalu punya hikmah. Tidak terkecuali perkara pandemi covid yang saat ini masih menjadi momok ditengah kita semua. Terus bertahan dan terus hidup ditengah pandemi ini memang bukan perkara yang mudah. Banyak yang patah, banyak yang hilang arah bahkan kalah. tapi banyak juga yang mampu bangkit dan menjadikan pandemi ini sebagai titik balik dalam hidupnya. Pandemi memaksa kita berubah, jika kita tidak berubah maka kita akan kalah.

Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang dipaksa berubah dan bertumbuh dimasa pandemi ini. Selama ini teknologi sudah berkembang sangat pesat bahkan jauh dari bayangan kita semua, dan pandemi memaksa kita untuk harus mengejar ketertinggalan teknologi kita. Berapa banyak siswa yang dipaksa belajar dari rumah dengan mengandalkan teknologi?, berapa banyak guru yang dipaksa akrab dengan teknologi agar tetap bisa menjalankan tugasnya mencerdaskan kehidupan bangsa?.

Berangkat dari kondisi tersebut maka kita sebagai pendidik hendaknya terus meningkatkan dan mengasah kemampuan kita mengikut perkembangan zaman. Guru tidak boleh lagi hanya sekedar menyusun rencana pembelajaran dikertas dan meminta siswa merangkum materi yang sudah ada dibuku. Beberapa keterampilan yang harus dimiliki guru antara lain:

Kemampuan merancang perangkat pembelajaran

Karena megajar adalah tugas utama seorang guru, maka memiliki rencana pembelajaran yang baik adalah modal bagi guru agar bisa menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan terarah. Terlebih saat pandemi ini guru dituntut untuk mampu menyusun rencana pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran tetap berjalan sesuai harapan.

Kemampuan mengoperasikan komputer

Pembelajaran jarak jauh saat ini tentunya menjadi momen bagi guru untuk belajar dan mengembangkan kemampuan komputerisasinya. Sudah tidak bisa lagi kita bertumpu pada metode pembelajaran yang lama, karena anak-anak yang kita didik adalah anak yang tumbuh pada masa digital.

Kemampuan mengakses data secara online

Penerapan sistem database terpusat yang dilakukan oleh pemerintah tentunya menuntut kita sebagai bagian dari pemeritahan untuk mampu mengisi data secara online seperti mengisi simpatika, e-learning dsb.

Kemampuan mengolah data

Banyaknya data-data dan informasi di dunia maya saat ini membuat guru harus mampu menyaring informasi yang tepat untuk para siswa agar tidak terjerumus dalam informasi dan data hoax yang merugikan. Guru adalah bentengpertahanan pendidikan jika bentengnya lemah maka bangunan pendidikan negara kita akan runtuh, sama halnya jika guru mudah terpengaruh pada data atau informasi yang salah maka siswa akan mewarisi kesalahan yang diajarkan oleh guru.

Kemampuan meggunakan media komunikasi

Keterbatasan komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa saat ini memang menjadi tantangan besar bagi para guru. Guru diharuskan berkomunikasi melalui media elektronik kepada banyak siswa dalam satu waktu yang terbatas membuat guru harus mampu mencari cara lain untuk berkomunikasi. Beruntungnya saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan hal tersebut antara lain whatsapp, telegram dsb.

Kemampuan menggunakan teknologi pembelajaran

Selain mampu menggunakan media komunikasi online guru juga harus mampu menggunakan teknologi pembelajaran online. Beragam media teknologi pembelajaran saat ini sudah bisa kita pergunakan dengan bebas seperti e-learning madrasah, zoom, google classroom, google meeting dsb.

Peran guru memang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh mesin, karena guru bukan hanya bertugas mengajarkan ilmu pengetahuan tapi juga ilmu kehidupan. Mengajarkan adab, membentuk karakter, dan membiasakan akhlak baik agar siswa tidak hanya menjadi manusia cerdas tapi juga menjadi manusia berakhlak.

Meski demikian menjadi guru yang terus meningkankan kemampuan diri bukan hanya kewajiban tapi kebutuhan bagi seorang guru agar bisa bertahan. Beruntungnya kita pada masa sekarang ini ada banyak pelatihan, dan pendidikan yang diberikan bagi para guru secara online program dari pemerintah dan lembaga masyarakat. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berubah, berubah atau kalah?