Guru Miliki Peran yang Sangat Mulia yaitu Memanusiakan Manusia
  • Widi Tigaras
  • 6 Februari 2023
  • 192x Dilihat
  • Berita

Guru Miliki Peran yang Sangat Mulia yaitu Memanusiakan Manusia

Pangandaran (06/02/2023) - Bertempat di Man 1 Pangandaran, Balai Diklat Keagamaan Bandung selenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK). Dengan tajuk Penilaian Pembelajaran Angkatan I.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang guru madrasah Kankemenag Kab. Pangandaran. Berlangsung selama enam hari, dimulai tanggal 6 s.d. 11 Februari 2023.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam - H. Ujang Sutaryat yang dalam hal ini mewakili Kepala Kankemenag Kab. Pangandaran. Dalam sambutannya Kasi Bimas Islam menyampaikan bahwa guru merupakan profesi mulia yang jasanya tidak bisa diukur dengan materi, karena setiap harinya senantiasa memberikan nilai dan keteladanan.

“Guru sebagaimana dalam undang-undang Sisdkinas kalau dirunut secara garis besar tugasnya itu sangat mulia. Tugas guru itu adalah memanusiakan manusia”, tuturnya.

Pada kesempatan ini, Kasi Bimas Islam juga mengajak para guru untuk menjadi teladan. Keteladanan menurutnya merupakan faktor penting yang harus dimiliki karena dapat membentuk aspek pengetahuan, moral, perilaku dan sikap bagi siswanya sehingga guru mempunyai pengaruh besar terhadap perubahan perilaku siswa.

“Guru itu wajib digugu dan wajib ditiru. Salah satu budaya kerja yang harus ditanamkan oleh kita semua sebagai guru adalah keteladanan,” ujarnya.

Sementara mewakili Kabalai BDK Bandung – Dr. Hj. Asih Aryani, M.Pd. sebagai Ketua PDWK ini menginformasikan, pelatihan di tahun 2023 ini tidak akan sebanyak biasanya, seperti tahun 2022. Dan untuk tahun depan, ada rencana untuk mulai diarahkan ke e-learning. Jadi manfaatkanlah pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam Pembukaan pelatihan ini, Widyaiswara BDK Bandung Drs. H. Usuludin, M.Pd., dan Dra. Rohmani, M.P.Fis.