JENTRE menuju ARJUNA
  • 31 Agustus 2022
  • 204x Dilihat
  • Berita

JENTRE menuju ARJUNA

Rabu, 31 Agustus 2022 representasi Jurnal JENTRE  menghadiri Kegiatan Sosialiasi Pedoman Akreditasi Jurnal llmiah Nasional yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek bekerjasama dengan Universitas Pasundan di Hotel Savoy Homann Bandung.

Dari hasil seleksi, terdapat 100 perwakilan pengelola jurnal yang baru merintis dan dalam proses akreditasi, diundang hadir dalam acara tersebut. Sosialisasi ini dilakukan secara bertahap melalui laman bima.kemdikbud.go.id dan arjuna.kemdikbud.go.id serta melalui email yang terdaftar.

Sebagaimana disampaikan dalam pembukaan bahwa terdapat 15.000 jurnal di Indonesia, sedang yang terindeks baru 120 dan yang terakreditasi sebanyak 7.400 jurnal.

Harapannya, Indonesia dapat melahirkan jurnal-jurnal berkualitas dunia. Semua itu, diawali dengan proses screening yang dilakukan secara ketat, memerhatikan unsur IMRAD, accuracy, brevity dan clarity dalam sebuah artikel.

Beberapa indikator penting dalam sebuah jurnal terakreditasi nasional adalah penamaan jurnal yang spesifik, aspirasi wawasan, editorial board yang mumpuni, editor dan revieuer yang idealnya melibatkan 4 negara, dan kerjasama dengan organisasi profesi.

JENTRE: Journal of Education, Administration and Religion adalah jurnal BDK Bandung, selain Tatar Pasundan di bawah naungan Balitbang Diklat Kemenag RI. Terbit dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. JENTRE bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI) dalam hal reviu, sunting, dan penerbitan sejak 2021. JENTRE juga menerima berbagai artikel ilmiah bidang kajian pendidikan, administrasi, pelatihan, keagamaan, serta isu-isu terkait.