Jumat Pertama di Tahun 2023, Kabalai BDK Bandung menjadi Imam dan Khotib di Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung
  • Widi Tigaras
  • 6 Januari 2023
  • 118x Dilihat
  • Berita

Jumat Pertama di Tahun 2023, Kabalai BDK Bandung menjadi Imam dan Khotib di Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung

Bandung (06/01/2023) Memulai Jumat pertama di tahun 2023 ini, Alhamdulillah Kabalai BDK Bandung – Dr. H. Aguslani, M.Ag., berkesempatan untuk menjadi imam dan khotib di Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung.

Dalam khutbahnya khotib menyampaikan seorang muslim harus memiliki sikap dalam memaknai pergantian tahun, baik itu tahun baru masehi maupun tahun baru hijriyah.

Pergantian tahun baru ini haruslah kita manfaatkan sebagai sarana untuk muhasabah terhadap diri kita sendiri. Apakah tahun kemarin kita lebih banyak dzikir atau mubadzir. Apakah tahun lalu lebih banyak ingat kepada Allah SWT atau lebih sering lupa.

“Barang siapa yang hari/tahun ini lebih baik dibanding dari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung, barang siapa yang hari/tahun ini sama dengan kemarin, maka ia termasuk ke dalam golongan orang yang merugi, dan barang siapa yang hari/tahun ini lebih jelek dari kemarin, maka ia termasuk ke dalam orang-orang yang celaka”. Ucap khotib di depan mimbar.

Tidak lupa Khotib mengajak jamaah untuk meningkatkan iman dan takwanya kepada Allah SWT, meningkatkan prestasi dan kinerja, meningkatkan ilmu dan amalnya, sehingga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Dalam khutbah ke-dua, khotib mengutip QS. Al-Mulk ayat 2:

اۨلَّذِىۡ خَلَقَ الۡمَوۡتَ وَالۡحَيٰوةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ اَيُّكُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا ؕ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡغَفُوۡرُۙ

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun“.

“Allah menciptakan kita, dan akan menguji kita di dunia, siapa yang paling dahsyat dan baik amalnya”. Ungkap khotib kelahiran Brebes ini.

Khotib mengajak jamaah khususnya untuk diri pribadi, untuk mulai berubah menjadi lebih baik, Perubahan memang sulit tanpa dibarengi dengan komitmen. Komitmen yang kuat untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik amalanya.

Kita tidak tahu akan mendapat apa esok hari dan kita tidak tahu di bumi mana kita akan mati. Oleh karena itu, tidak ada celah sedikitpun untuk melakukan hal yang sia-sia tanpa makna. Mari kita lakukan perubahan sikap dan akhlaq ke arah yang lebih baik, kuatkan komitmen kita untuk mau berubah.

Khotib menutup ceramah jumat ini dengan do’a, sekaligus sebagai imam sholat jumat.

Penulis: WTi

Editor: Shobib