Masjid Miftahul 'Ulum BDK Bandung mendapat Anugerah Masjid Juara Tingkat Prov. Jabar Tahun 2023 dari PJ Gubernur Jabar
  • BDK Bandung
  • 1 Desember 2023
  • 199x Dilihat
  • Berita

Masjid Miftahul 'Ulum BDK Bandung mendapat Anugerah Masjid Juara Tingkat Prov. Jabar Tahun 2023 dari PJ Gubernur Jabar

Majalengka (01/12/2023)  Masjid Miftahul Ulum – BDK Bandung melalui Ketua DKM, Muaripin, raih anugerah sebagai Masjid Unggulan Kategori Masjid Dinas/Instansi Provinsi Jawa Barat, dalam gelaran AMPU JABAR (Apresiasi Masjid, Pesantren, dan Ulama Jawa Barat) yang dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Kertajati.

Apresiasi ini diberikan oleh Pj. Gubernur Jawa Barat (Bey Machmudin), didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat – Ajam Mustajam, dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat - Faiz Rahman. 

Bey, dalam sambutannya menyatakan bahwa giat AMPU ini bukanlah sekedar seremoni, melainkan sebuah penghormatan bagi Para Tokoh Agama dan Lembaga Keagamaan, yang telah berperan besar pembangunan keagamaan dan mempercepat kerukunan di Jawa Barat ini.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pengharagaan seremonial, tetapi juga dukungan nyata dalam bentuk fasilitas, program pembinaan, dan penguatan lembaga keagamaan. Dengan demikian, apresiasi ini akan menjadi investasi berkelanjutan dalam pembangunan spiritual dan sosial di Jawa Barat." Ujar Pj. Gubernur Jawa Barat.

AMPU JABAR ini memberikan apresiasi kepada para tokoh dan lembaga keagamaan yang secara inovatif, inspiratif, dan juga kretatif, yang telah berkontribusi dalam percepatan pembangunan mental spiritual di Jawa Barat.

Lebih jauh,  kegiatan inipun sebagai inventarisasi potensi dalam mengidentifikasi dinamika dan percepatan pembangunan di bidang mental spiritual di Jawa Barat yang berbasis pada potensi umat. 

AMPU JABAR ini diselenggarakan dalam kurun waktu enam bulan. Dimulai dengan pendaftaran kandidat di bulan Juni, sampai dengan penentuan peraih apresiasi di bulan November.  Metode pendaftaran dilakukan secara langsung atau diusulkan.

Total Peserta yang telah berpartisipasi dalam AMPU JABAR ini sebanyak 582 partisipan, tersebar dalam 298 pesantren dengan 37 ketegori juara, 206 ulama dengan 36 kategori juara, dan 117 masjid dengan 9 kategori juara.

Menurut Muaripin, DKM Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung pada bulan Agustus 2023 mendapat informasi adanya giat perlombaan apresiasi juara 2023  Jawa Barat kategori lembaga masjid kedinasan. DKM Masjid Miftahul Ulum langsung mendaftarkan diri secara online. Setelah terdaftar masjid DKM MU BDK Bandung melalui lima tahapan, yaitu: pertama tahap verifikasi peserta. Kedua tahap kelengkapan peserta. Ketiga tahap penilaian juri. Keempat, tahap visitasi dan tahap kelima penetapan Juara. 

"Dari sekian peserta yang mengikuti perlombaan alhamdulillah DKM Masjid MU BDK Bandung dapat melaluinya pada semua tahapan tersebut dan akhirnya  hari ini Jumat tanggal 1 Desember 2023 mendapat apresiasi." Ujar Muaripin selepas menerima apresiasi.

Plt. Kepala BDK Bandung, Agus Achyar yang juga sekaligus sebagai Pembina DKM Miftahul Ulum menyampaikan ungkapan bangganya dengan capaian ini. 

“Saya selaku Pembina DKM Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan khususnya kepada seluruh pengurus DKM Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung dan seluruh pegawai BDK Bandung serta semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Semoga semua amal baik Bapak dan Ibu dan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda."

Agus berharap raihan ini semakin meningkatkan kualitas tata kelola dan layanan masjid pada jamaah. Terlebih dengan digencarkannya kembali semangat optimalisasi fungsi-fungsi masjid, salah satunya seperti yang digencarkan Kementerian Agama melalui aktivasi Badan Kesejahteraan Masjid. 

Menurut Agus, apa yang sudah diraih Masjid Miftahul Ulum ini bisa menjadi pembuktian empirik bahwa instansi sekalipun dapat berperan untuk berjamaah dalam kebaikan terutama pengawalan atas implementasi kebijakan di bidang kemasjidan. (WT)