MOTIVASI TANPA TAPI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

MOTIVASI TANPA TAPI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

MOTIVASI TANPA TAPI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Oleh: Tita Astria, S.Psi, M.Pd

NIP. 198410312009012006

(Guru Bimbingan dan Konseling MTs Negeri 1 Pangandaran)

Email: astriatita@gmail.com

Pandemi Covid 19 yang sudah berjalan selama hampir 2 tahun ini telah berhasil membuat Pendidikan di Indonesia juga ikut beradaptasi dalam berbagai perspektif pembelajaran. Pembelajaran tatap muka yang biasanya dilakukan dalam proses belajar mengajar kini telah beradaptasi menjadi pembelajaran daring atau pembelajaran online menggunakan berbagai media online Pembelajaran diantaranya E-Learning, Zoom meeting, Google clas room, Google meet, Google form, WA grup, dan IG hal ini bertujuan sebagai bentuk ikhtiar kita semua dalam memutus mata rantai penularan covid 19 dan penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari hari sangat gencar dilakukan. Adaptasi Pembelajaran ini menuntut para pendidik untuk lebih meningkatkan lagi kreativitas serta inovasinya dalam proses pembelajaran untuk menampilkan atau memberikan pembelajaran yang dapat menarik minat serta motivasi peserta didik untuk tetap bersemangat dan memahami materi pembelajaran yang akan di sampaikan oleh pendidik. Mau tidak mau ataupun suka atau tidak suka para pendidik harus menguasai perkembangan teknologi yang dalam hal ini teknologi dalam proses pembelajaran di masa pandemik covid 19. Para Pendidik harus belajar bagaimana menggunakan media pembelajaran online E-Learning, Google Meet, Google Class room, Google Form, Zoom meeting, Quizis, WA grup, IG dan lain lain, semua hal ini bukan tidak mengalami sebuah hambatan ataupun masalah salah satu diantaranya ialah masalah kemampuan pendidik dalam menguasai teknologi akan tetapi para pendidik dipermudah dengan menjamurnya webinar ataupun pelatihan secara online mengenai penggunaan media pembelajaran online baik yang diselenggarakan secara gratis maupun berbayar, satu hal yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan proses nya ialah sebuah Motivasi, tanpa adanya Motivasi yang dimiliki oleh pendidik tidak akan berjalan dengan baik serta tidak akan membuahkan hasil yang terbaik dari proses pembelajaran online. Begitu juga bagi Peserta Didik dengan adanya adaptasi pembelajaran dituntut untuk semakin meningkatkan Kembali kemampuan teknologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini. Peserta didik yang tadinya belum familiar dengan model pembelajaran online mau tidak mau suka atau tidak suka harus menguasai karena apabila tidak menguasai media pembelajaran online maka peserta didik akan tertinggal materi pembelajaran setiap mata pelajaran yang di sampaikan setiap harinya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi hal ini merupakan salah satu hikmah yang dapat kita ambil dalam mewabah nya virus covid 19. Apakah Motivasi ini juga berlaku untuk Orang Tua peserta didik yang dalam hal ini juga memegang peranan penting dalam proses pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ?Jawabannya Ya tentu sangatlah penting, mari kita renungkan bersama bahwa Pendidik, Peserta didik dan Orang Tua harus memiliki hubungan yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran tanpa adanya hubungan yang baik maka pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini kemungkinan besar tidak akan berjalan secara maksimal sehingga yang di khawatirkan akan terjadinya lost education yang sangat membahayakan generasi penerus bangsa dan dalam hal ini motivasi tanpa tapi lah yang memiliki peran besar dalam menggerakan semua hal itu. Motivasi menurut Azwar merupakan sebuah rangsangan atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang ingin dicapai secara maksimal dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan menurut Winardi (2007) Motivasi berasal dari kata motivation yang berarti menggerakan, motivasi merupakan hasil jumlah proses yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap dan ketekunan dalam melaksanakan kegiatan tertentu. Dari pengertian motivasi diatas maka dapat dikatakan bahwa motivasi merupakan suatu keadaan atau suatu kondisi seseorang yang mendorong maupun menggerakan untuk melakukan sesuatu atau kegiatan sehingga seseorang tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal ini ketika Pendidik memiliki motivasi yang cukup baik dalam beradaptasi dengan pembelajaran online di masa pandemi covid 19 maka pendidik mampu melaksanakan pembelajaran online menggunakan berbagai media pembelajaran, Pendidik akan sangat tekun dalam mempelajari hal yang baru dalam menunjang proses pembelajaran transfer ilmu pengetahuan serta menanamkan Pendidikan karakter kepada peserta didik meskipun secara online. Akan tetapi Motivasi yang dimiliki oleh pendidik, peserta didik bahkan orang tua peserta didik terkadang ups and down, berbagai alasan populer yang sering muncul mengiringi rangkaian pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini dan diantaranya adalah:

  1. Laptop yang tidak mendukung untuk di gunakan dalam proses pembelajaran, sering eror, kecepatannya lelet, kurang memahami bagaimana mengoperasikan laptop yang masih sering dijadikan alasan dalam pembelajaran online sehingga menghambat proses berjalannya pembelajaran.
  2. Jaringan wifi maupun data internet yang sering menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran online di masa pandemi covid 19 terutama di daerah terpencil.
  3. Selama hampir 2 tahun ini terbiasa untuk menjadi kaum rebahan yang sering di kemukakan oleh para peserta didik sehingga timbul rasa malas untuk bergerak dalam memulai pelajaran, rasa tanggung jawab yang sedikit memudar dalam proses belajar online, serta kurang nya dukungan dari orang tua peserta didik dalam proses pembelajaran online ini dikarenakan berbagai faktor salah satu diantaranya ialah kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari yang semakin dirasa sulit sejak terjadinya pandemi covid 19.
  4. Orang Tua yang terlalu percaya 100 % kepada putra putri nya dalam proses pembelajaran dan sedikit kurang kontrol dalam proses pembelajaran online nya.
  5. Peserta didik yang terpapar oleh games online yang diakibatkan dari intensitas memegang gadget setiap hari sehingga menurunkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran online dan lebih memilih untum bermain games online.
  6. Peserta didik yang tidak memiliki gadget yang dapat menunjang proses pembelajaran online dimasa pandemi covid 19.
  7. Akses digital yang sedikit kurang dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, maupun orang tua peserta didik.

Berbagai alasan tersebut diatas mau tidak mau ataupun suka tidak suka harus segera dipecahkan solusinya sebagai upaya untuk meningkatkan Motivasi tanpa tapi bagi pendidik, peserta didik maupun orang tua peserta didik dalam mensukseskan pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini. Berkaitan dengan semua hal ini pentingnya berusaha untuk merubah sebuah kebiasaan demi tercapainya suatu perubahan kearah yang lebih baik lagi juga berkaitan dengan yang diajarkan dalam Islam, seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Rad ayat 11 “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia “. Ayat tersebut juga menekankan bahwa perubahan yang dilakukan oleh Allah SWT haruslah didahului oleh perubahan jiwa atau rohani yang dilakukan oleh individu itu sendiri dan salah satu perubahan tersebut adalah motivasi tanpa tapi.