Mutiara Hikmah: 03 Oktober 2021

Mutiara Hikmah: 03 Oktober 2021

Mengawal ZI menuju WBK di kantor kita Bandung JUARA
Mutiara Hikmah Hari AHAD 03.10.21

CRAB MENTALITY

Pernahkah Anda mengamati kepiting-kepiting dalam sebuah ember? Kaki dan tangan mereka saling menarik satu sama lain apabila salah satu kepiting hampir mencapai ujung ember.

Kira2 apa tujuan mereka saling menarik satu sama lain ketika yang lain sudah sampai di ujung ember?

Ada 2 pendapat dalam hal ini, pendapat pertama; mungkin mereka punya tujuan baik, karena tidak ingin ada satu kepiting yang keluar kemudian menjadi santapan hewan lain.

Atau pendapat yang kedua; dibanding bertahan hidup atau melarikan diri dari kelompoknya, kepiting memilih untuk mati bersama.

Ternyata menurut penelitian pendapat yang kedua yang lebih kuat yaitu sikap kepiting yang saling menarik satu sama lain sebagai pola pikir egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain.

Dalam istilah psikologi disebut sebagai crab mentality atau mentalitas kepiting.

Crab mentality adalah analogi dari perilaku egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain, sehingga mentalitas seperti ini selalu saja iri melihat kesuksesan orang lain, sehingga mencoba membuat orang tersebut berada di level yang sama.

Maka perilaku yang lazim bagi orang seperti ini adalah mengkritik, meremehkan, menghasut hingga memanipulasi orang berusaha untuk menjerumuskan. Naudzubillah...

Orang-orang seperti ini tidak sedikit mereka berkeliaran dimana-dimana tapi taukah anda bahwa orang- orang dengan mental seperti ini muncul karena juga karena diciptakan oleh lingkungan

Bisa terbayang bagaimana jika  lingkungan keluarga justru malah membuat anggota keluarga jadi memiliki mental seperti ini? Atau di organisasi malah menyuburkan orang untuk memiliki karakter seperti ini ...

Bagaimana cara mengenali'nya dan bagaimana solusi'nya menghadapi orang yang memiliki crab mentality??
(Syauqi-SCB)
---
Saudaraku ..Selamat berhari AHAD salam sehat dan bahagia untuk keluarga tercinta
---
Tetap semangat ikhlas Sehat dan kuat lahir batin

SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم