Mutiara Hikmah: 14 Februari 2022

Mutiara Hikmah: 14 Februari 2022

Mutiara Hikmah Hari ini

Senin,  12 Rojab 1443 H / 14 Februari 2022 M

Muhammad bin Makhlad menceritakan kepada kami. Ahmad bin Manshur memberitakan kepada kami, Abdullah bin Shalih memberitakan kepada kami. Al-Laits menceritakan kepadaku, Abdurrahman bin Khalid bin Musafir menceritakan kepadaku. dari Ibnu Syihab, dari Abu Sinan Ad Duali, dari Ibnu Abbas, bahwa :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يَا قَوْمُ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْحَجُّ, فَقَالَ الْأَقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ: أَكُلُّ عَامٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ , فَصَمَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ ذَلِكَ , ثُمَّ قَالَ: لَا بَلْ هِيَ حَجَّةٌ وَاحِدَةٌ ثُمَّ مَنْ حَجَّ بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ تَطَوُّعٌ , وَلَوْ قُلْتُ: نَعَمْ لَوَجَبَتْ عَلَيْكُمْ وَإِذًا لَا تَسْمَعُونَ وَلَا تُطِيعُونَ

"Rasulullah SAW bersabda, "Wahai kaum, telah diwajibkan atas kalian ibadah haji." Maka Al Aqra' bin Habis berkata, "Apakah setiap tahun wahai Rasulullah." Maka Rasulullah SAW diam ketika itu, lalu bersabda, "Tidak, tetapi itu hanya sekali. Kemudian barangsiapa menunaikan haji setelah itu, maka itu adalah sunnah. Andaikata saya katakan ya, niscaya akan menjadi wajib atas kalian, akhirnya kalian tidak mau mendengar dan tidak mau menaati.”
( Sunan Daraquthni; 2672 )
*
Barang siapa yang keluar mencari nafkah untuk anak-anak kecilnya, atau menafkahi kedua orang tuanya yang lanjut usia, atau membebaskan dirinya dari meminta-minta orang lain, dan mencukupinya dengan yang halal; maka dia berada dalam jihad fi sabilillah.
(Syaikh Dr Yusuf Al Qardhawi)
*
± 48 Hari Menuju Bulan Suci Ramadhan 1443 H
*
Tangkal Lonjakan Covid-19  dengan Vaksin BOOSTER ;
Tetap jaga Prokes lahir batin jaga diri jaga iman dan imun agar aman ...
*
Tetap Semangat ikhlas dan sabar.

SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم