Mutiara Hikmah: 16 Mei 2021

Mutiara Hikmah: 16 Mei 2021

Mutiara Hikmah AHAD berkah

Ngaji sejarah

GEREJA KUNO TEMPAT BERTEMUNYA RASULULLAH DENGAN PENDETA BUHAIRA YANG MENGETAHUI TANDA KENABIAN RASULULLAH SAW

Gereja kuno di kota Busra ini adalah tempat Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam bertemu Pendeta Buhaira yang mengetahui tanda2 Kenabian pada diri Rasulullah Saw Rasulullah  yang saat itu masih berusia 12 tahun, dibawa pamannya, Abu Thalib berdagang ke negeri Syam.

Pendeta Buhaira adalah seorang Ahli Kitab yg hafal Taurat dan Injil sekaligus. Diantara tanda Kenabian yg ia temukan pada diri Rasulullah adalah awan yg selalu menaungi kemanapun Rasulullah pergi, serta stempel Nubuwah yg ada diantara kedua pundak Rasulullah. Setelah meyakini bahwa Rasulullah adalah Nabi Akhir Zaman yg diberitakan Taurat dan Injil, Buhaira pun meminta kepada Abu Thalib untuk membawa pulang Rasulullah ke Makkah, karena jika orang2 Romawi mengetahui keberadaannya, mereka akan membunuh Rasulullah.

Abu Thalib pun mengikuti saran Buhaira tersebut. Gereja ini berada di ujung Jabal Haura, kota Busra Asy-Syam yg kala itu menjadi ibukota provinsi Romawi di wilayah Arab. Kota ini direbut pasukan Islam tahun 634 M di bawah komando Sayyidina Khalid bin Walid. Kini Busra masuk ke dalam provinsi Dara di selatan Suriah.
------
Selamat menikmati libur Ahad bersama keluarga. Salam Sehat dan bahagia utk semuanya.

SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم