Mutiara Hikmah: 18 Maret 2022

Mutiara Hikmah: 18 Maret 2022

Mutiara Hikmah Jum'at,18-03-22

Laporan Amal
Oleh : Mama Jadariyah

Sungguh Allah SWT telah menetapkan waktu dilaporkannya setiap amal. Ada yang setiap hari, setiap pekan, setiap bulan, dan setiap tahun amal dilaporkan. Sya'ban adalah waktu ditetapkannya ajal dan laporan tahunan bagi setiap amal seseorang. Alangkah indahnya saat amal dilaporkan memiliki kualitas yang menggembirakan. Nabi SAW bersabda:


شعبان شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان  وهو شهر ترفع فيه الاعمال الى رب العالمين فاحب ان يرفع عملى وانا صائم (رواه أحمد والنسائي عن اسامة بن زيد رضي الله عنهما)
 

"Sya'ban adalah bulan yang dilupakan oleh orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Sya'ban adalah bulan yang di dalamnya dilaporkan seluruh amal kepada Tuhan semesta alam. Saya senang saat amal dilaporkan dalam keadaan berpuasa" (HR. Ahmad dan Nasa'i dari Usamah bin Zaid ra).
Sungguh beruntung bagi seseorang yang saat amalnya dilaporkan sedang berkontemplasi dengan Tuhan. Dan alangkah ruginya seseorang saat amal dilaporkan ia menyekutukan Tuhan, memutus kekerabatan, dan membenci saudaranya yang seiman. Wallahu A'lam.

Saudaraku tetap semangat, ikhlas, dan sabar.

Salam sehat dan bahagia selalu, dan tetap SALAM SAPATUA

والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم