Mutiara Hikmah: 19 Juni 2021

Mutiara Hikmah: 19 Juni 2021

Mutiara Hikmah Hari ini

Sabtu, 08 Dzulqo'dah 1442 H / 19 Juni 2021 M

Ibnu Abu Yahya mengabarkan kepada kami dari Husain bin Abdullah bin Ubaidillah bin Abbas, dari Kuraib, dari Ibnu Abbas  ia berkata :

أَلَا أُخْبِرُكُمْ عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي السَّفَرِ، كَانَ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَهُوَ فِي مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فِي الزَّوَالِ، وَإِذَا سَافَرَ قَبْلَ أَنْ تَزُولَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْعَصْرِ فِي وَقْتِ الْعَصْرِ. قَالَ: وَأَحْسِبُهُ قَالَ فِي الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ مِثْلَ ذَلِكَ.

"Maukah aku ceritakan kepada kalian tentang shalat Rasulullah  dalam perjalanan ? Apabila matahari telah tergelicir, sedangkan beliau masih berada di rumahnya, maka beliau menjamak antara shalat Zhuhur dan shalat Ashar pada waktu zawal (zhuhur) . Apabila beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan shalat Zhuhur untuk dijamakkan antara shalat itu dengan shalat Ashar di waktu ashar”. Kuraib berkata, “Aku menduga dia mengatakan yang semisal dalam shalat Maghrib dan shalat Isya”.
( Musnad Syafii; 199 )
-----
Janganlah sekali-kali kita berprasangka buruk terhadap perkataan yang keluar dari mulut seorang muslim, sedang kita masih bisa menemukan kemungkinan makna yang baik dalam perkataannya itu.
----
Tetap semangat
Tetap Jaga Prokes
Tetap sayangi kesehatan kita dan kesehatan orang yang kita sayangi.
Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir.
---


لهم الفاتحة ..
 

Salam sehat dan bahagia untuk keluarga
SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم