Mutiara Hikmah: 21 Januari 2022

Mutiara Hikmah: 21 Januari 2022

Mutiara Hikmah Hari Ini Jum'at, 21.01.22

Sense of Urgency

Profesor John P. Kotter, pakar manajemen perubahan dari Harvard Business School, mengatakan bahwa orang maupun organisasi gagal berubah dikarenakan mereka tidak dapat melihat faktor sense of urgency dari perubahan tersebut.

Semakin kita melihat suatu hal itu mendesak; yang akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup seseorang maupun organisasi; akan semakin serius hasrat kita untuk berubah.

Pertanyaan'nya serius kah kita untuk BERUBAH ? Atau kita masih bisa berjalan santai, menunggu pekerjaan datang dan masih terpikirkan untuk menunda pekerjaan.

Begitu juga dengan organisasi, warning sense of urgency yang diutarakan seorang leader ternyata menghasilkan tingkat kewaspadaan karyawan yang lebih baik, sehingga semangat kompetisi dan memenangkan tantangan menjadi lebih kuat.

Hal itu akan terjadi jika di barengi dengan siklus yang berpedoman pada  4-A, (Achieve, Assessment, Activate, Accelecate)

Dimulai  dari sebuah upaya pencapaian  tantangan (Achievement) yang  bila tercapai, segera dievaluasi (Assess), kemudian  segera direvisi dan dihidupkan kembali (Activate) untuk memulai sesuatu yang baru lagi, sambil tak lengah mendorong energi (Accelerate) untuk mengoptimalkan pencapaian hasil.

Sehingga keberhasilan organisasi bisa dicapai bila organisasi tidak bosan bosannya menyiapkan;

1. Sasaran-sasaran baru meningkatkan tantangan penjualan, produktivitas maupun kepuasan pelanggan,  

2. Berkomunikasi secara jujur dan terbuka tentang kejadian enak dan tidak enak di dalam dan di luar organisasi.

3. Komunikasi perubahan mulai digantikan dengan fakta-fakta mengenai pencapaian target, kesempatan di masa depan dan keberhasilan (Quick Win).

Kondisi inilah yang membangunkan individu agar tidak terlalu banyak berkonsentrasi pada upaya mengamankan diri dan mendorong diri untuk bersikap waspada, dinamis dan berkeinginan untuk menyambut  tantangan baru atau urgency yang sesungguhnya
(Syauqi-SCB).
**
SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم