Mutiara Hikmah: 28 Mei 2021

Mutiara Hikmah: 28 Mei 2021

Mutiara Hikmah Hari ini

Jum'at, 16 Syawwal 1442 H / 28 Mei 202M M

Ahmad bin Ja'far Al Qathi'i mengabarkan kepada kami, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Ya'qub bin Ibrahim bin Sa'ad menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku dari Ibnu Ishaq, Amr bin Abu Amr (maula Al Muththalib), menceritakan kepadaku dari Abdurrahman bin Al Huwairits, dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im, dari ayahnya, dia berkata :

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ وَهُوَ بِالْخَيْفِ مِنْ مِنًى:  رَحِمَ اللَّهُ عَبْدًا سَمِعَ مَقَالَتِي فَوَعَاهَا ثُمَّ أَدَّاهَا إِلَى مَنْ لَمْ يَسْمَعْهَا فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ لَا فِقْهَ لَهُ، وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ ثَلَاثٌ لَا يُغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ الْمُؤْمِنِ: إِخْلَاصُ الْعَمَلِ، وَمُنَاصَحَةُ ذَوِي الْأَمْرِ، وَلُزُومُ الْجَمَاعَةِ فَإِنَّ دَعْوَتَهُمْ تَكُونُ مِنٍ وَرَائِهِمْ .

"Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda ketika beliau sedang di Al Khaif, Mina, ”Semoga Allah merahmati orang yang mendengar perkataanku lalu dia menghapalnya kemudian menyampaikannya kepada orang yang belum mendengarnya. Boleh jadi orang yang membawa ilmu tidak memahaminya, dan boleh jadi orang yang membawa ilmu (menyampaikan) kepada orang yang lebih pandai darinya. Ada tiga hal yang tidak akan membuat hati seorang mukmin menjadi dengki (yaitu): ikhlas beramal karena Allah, menasehati orang-orang yang memegang kekuasaan, dan tetap konsisten dalam jamaah. Sesungguhnya doa mereka itu akan ada (dikabulkan) dari belakang mereka (akan dikabulkan setelah berdoa)"
( Al-Mustadrak Hakim; 296 )
------
Sesungguhnya besarnya pahala itu sebanding dengan beratnya ujian. Dan sungguh jika Allah SWT mencintai suatu kaum, Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah SWT. Dan barang siapa yang tidak suka, maka Allah SWT pun akan murka .
-----
Tetap semangat
Tetap Jaga Prokes
Tetap sayangi kesehatan kita dan kesehatan orang yang kita sayangi.
Pandemi Covid-19 belum berakhir.
-----
SALAM SAPATUA


والله يدعو الى دار السلام ويهدى من يشاء الى صراط مستقيم