Nuzulul Quran dan Bina Pegawai
  • BDK Bandung
  • 18 April 2023
  • 172x Dilihat
  • Berita

Nuzulul Quran dan Bina Pegawai

Bdk Bandung, 18 April 2023. Memasuki hari terakhir kerja sebelum cuti bersama idul fitri 1444 H BDK Bandung menggelar peringatan nuzulul quran sekaligus momen berbagi antara pegawai kepada pegawai NPASN.
Kasubbag TU, Agus Nasihatul Akhyar, S. Pd. I menyampaikan sambutan pembuka dengan mengingatkan hal kewajiban pegawai terkait hari hari pasca cuti bersama. Pegawai diminta tetap memperhatikan kedisiplinan kerja sebelum dan sesudah cuti tersebut.
Kasubbag juga mengingat kan ketertiban dan keamanan peralatan kerja selama ditinggal cuti bersama.
Sementara itu, bertindak sebagai penceramah dalam giat nuzulul quran adalah kepala BDK Bandung, Dr. Aguslani, M. Ag., memesankan makna puasa bagi kelompok umat islam.
Melalui ilustrasi kisah prajurit Dzulqornain yang diminta saat lewat sebuah sungai untuk mengambil batu. Prajurit terbagi pada tiga kelompok, pertama yang mengabaikan perintah, kedua yang mengambil sekedarnya, dan ketiga yang mengambil sebanyak banyaknya. Di akhir cerita, digambarkan bahwa batu yang diperintahkan untuk diambil tersebut berubah menjadi intan permata.
Dari ilustrasi tersebut, ibroh yang bisa diambil adalah mereka yang hanya fokus pada kepentingannya sendiri dan mengabaikan tugas tugas lainnya. Sementara kelompok kedua mereka yang bersedia menambah pekerjaan seperlunya. Sementara yang ketiga adalah mereka yang mengoptimalkan seluruh kemampuannya untuk meraih hasil terbaik.
Demikian pula halnya dengan makna puasa. Mereka yang hanya mendapatkan puasa sekedar menahan lapar dan dahaga. Sementara kelompok kedua hanya sekedar menambah amalan sunnah seperlunya. Sedangkan ketiga, adalah mereka yang mengoptimalkan Ramadhan sebagai kesempatan utama untuk menambah pahala dan amal kebajikan lainnya.
Diakhir kegiatan, dilaksanakan acara pembagian "kadeudeuh" Untuk pegawai non ASN di lingkungan  BDK Bandung. [FN]