Pelatihan PTK untuk Perbaikan Kualitas Guru
  • BDK Bandung
  • 6 Maret 2023
  • 132x Dilihat
  • Berita

Pelatihan PTK untuk Perbaikan Kualitas Guru

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Akt. II di Kab. Bogor yang dilaksanakan tanggal 6-11 Maret 2023 diawali dengan sambutan ketua tim BDK Bandung, Urip Muryanto, M.Pd. Tim terdiri dari Widyaiswara Dr. Siti Nurhayati, M.M.Pd dan Vidia Lantari Ayundhari, M.Pd serta Dindin Firmansyah, M.Kom dan Uyun Saeful, S.H.I selaku panitia. Pihak Kanwil Kemenag Kab. Bogor sendiri diwakili Kasubag TU, Romdon, S.Ag., MH.

Ketua tim menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Kepala BDK Bandung tidak dapat hadir sebab membuka pelatihan lain. Berbicara tentang pelatihan PTK, diharapkan guru dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan khususnya keterampilan. Guru seringkali mendapati permasalahan di kelas, sehingga mereka harus mencari solusi dengan penelitian, salah satunya PTK. Selain itu, publikasi ilmiah PTK masih menunjang AK untuk kenaikan pangkat yang outputnya adalah sertifikat pelatihan dengan kurikulum sejumlah 60 JP. Seluruh peserta yang berjumlah 30 orang diharapkan dapat mengikuti pelatihan dengan serius, sungguh-sungguh dari awal sampai dengan akhir.  

Sambutan kedua sekaligus pembukaan disampaikan Kasubag TU Kanwil Kemenag Kab. Bogor, Romdon, S.Ag., M.H. Beliau setuju dengan harapan ketua tim agar pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Fenomena heterogenitas siswa membutuhkan kemampuan guru untuk bisa menggali lebih banyak strategi/model pengajaran baru. [VLA]