PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK-WBBM BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANDUNG
  • 15 Maret 2020
  • 798x Dilihat
  • Berita

PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK-WBBM BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANDUNG

Balai Diklat Keagamaan Bandung mempersiapkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, yang selanjutnya disingkat WBK dan WBBM pada Minggu, 15 Maret 2020.

Predikat ZI tidak semata-mata diberikan begitu saja, karena harus melalui beberapa tahap pembangunan diantaranya pencanangan pembangunan berupa deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah bahwa instansinya telah siap membangun ZI, kemudian pimpinan dan seluruh pegawainya telah menandatangani Dokumen Fakta Integritas, dan atau melanjutkan/melengkapi pencanangan pembangunan ZI. Pembangunan ZI ini pun harus dipublikasikan secara luas agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi, terutama tindakan pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam rapat yang dipimpin Plt. Kepala Asep Hadiat SH., MH dan pemaparan oleh Dr. Euis Setiawati, M.Pd tersebut, telah dihasilkan tim yang bertugas melaksanakan enam komponen pengungkit, yaitu: 1) Manajemen Perubahan oleh Dr. Firman Nugraha, S.Sos, M.Ag, Urip Muryanto, S.Si., M.Pd, Dindin Firmansyah, S.T, Dedi Restendi, S.Pd., M.M, Indyana Meigarani, S.Kom, Agus Triyanto, S.Kom, dan Yayat Hidayat; 2)  Penataan Tatalaksana oleh Dr. Muaripin, M.Ag dan H. A. Saeful Uyun, S.HI; 3) Penataan Sistem SDM oleh H. Agus Nasihatul Ahyar, S. HI dan Sri Marni Francois, S.E.I; 4) Penguatan Akuntabilitas Kinerja oleh H. Sambas, S.E dan Esty Yustiani Lutfi, S.Sos; 5) Penguatan Pengawasan oleh Dr. H. Subhan Sofian, M.Pd, Yudha Adhana Prawira, S.Pd., M.Pd, dan Vidia Lantari Ayundhari, M.M.Pd., M.Pd; dan 6) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik oleh Nanang Suryana, S.Ag, Hj. N. Yuyun Yuliasih, S.E, dan Deni Haryadi, S.Ag. 

Tim yang telah dibentuk untuk kemudian mengumpulkan eviden/bukti yang merujuk pada kualitas pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di tahun 2020. Program-program unggulan lain yang sedang dirancang dalam rangka mendukung ZI WBK-WBBM, diantaranya adalah pembentukan SIEMAPEDE untuk Corporate University, pembentukan Webex Meeting Group dan Compatible Audio untuk Diklat Jarak Jauh, serta migrasi Online Journal System Tatar Pasundan menuju Cloud OJS LIPI. [Vidya]