Persiapan Akreditasi OJS Tatar Pasundan Balai Diklat Keagamaan Bandung
  • 28 Mei 2020
  • 295x Dilihat
  • Berita

Persiapan Akreditasi OJS Tatar Pasundan Balai Diklat Keagamaan Bandung

BDK Bandung, 28 Mei 2020. Dalam rangka persiapan akreditasi Online Journal System (OJS) Tatar Pasundan, Balai Diklat Keagamaan Bandung menyelenggarakan pendampingan bagi tim OJS pada Kamis, 28 Mei 2020 melalui pembimbingan dari Busro, M.Ud dari Relawan Jurnal Indonesia yang juga Managing Editor di Jurnal Wawasan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kegiatan ini diikuti oleh tim editor jurnal Tatar Pasundan. Selain itu juga hadir tim reviewer dari internal Balai Diklat Keagamaan Bandung. Kegiatan ini sendiri dibuka oleh PLT Kepala balai Diklat Keagamaan Bandung, H. Asep hadiat, SH., MH yang juga bertindak sebagai editorial advisory di Tatar Pasundan. Dalam pengantarnya, H. Asep menegaskan bahawa kegiatan ini merupakan upaya serius dari pihak manajemen dalam mendorong jurnal Tatar pasundan untuk terus membenhai diri dan memperbaiki mutu pengelolan jurnal dan harapannya dapat meraih hasil akredirtasi yang maksimal.

Menurut Busro, M.Ud, persiapan yang harus dilakukan adalah ceklis syarat pengajuan akreditasi dan melengkapi evidennya. Target BDK Bandung adalah menempati Sinta 3. Walaupun demikian, dia berujar bahwa tujuan pertama dari sebuah jurnal yang terpenting adalah terakreditasi dahulu. Setelah mendapatkan akreditasi, barulah fokus ke pengelolaan edisi selanjutnya dengan maksimal.

Setelah melakukan evaluasi diri pada OJS Tatar Pasundan, tindak lanjut yang dilakukan adalah upaya peningkatan skor Sinta yaitu dengan strategi meningkatkan kunjungan, penambahan mitra bestari dan rasio tambahan reviewer, mempertimbangkan kualifikasi editor, serta pencantuman referensi jurnal dengan persentase 80%.

Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium komupter Balai Diklat Keagamaan Bandung, dan dimualai sejak pukul 08.00 WIB ini berakhir pada pukul 14.00 dengan agenda pembagian tugas oleh editor in chief untuk bekerja bersama merekonstruksi artikel yang telah terbit versi cetak pada periode sebelumnya.[VLA]