Persiapan PJJ daring tahun 2020 BDK Bandung gelar Bimtek Internal
  • 3 Juni 2020
  • 807x Dilihat
  • Berita

Persiapan PJJ daring tahun 2020 BDK Bandung gelar Bimtek Internal

BDK Bandung, 3 Juni 2019. Balai Diklat Keagamaan Bandung dalam menyikapi perubahan-perubahan yang mendesak dan cepat akibat dari pandemic covid-19 senantiasa melakukan inovasi-inovasi yang relevan dengan kondisi yang berlangsung. Pelatihan klasikal yang sedianya telah diprogramkan untuk meningkatkan mutu sumber daya Kementerian Agama di Jawa Barat akibat kebijakan baru seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar turut berubah. Sehingga sampai bulan Juni ini belum dapat dilaksanakan kegiatan pelatihan dimaksud. Namun demikian kondisi ini jangan sampai menjadi kendala untuk menunaikan hak pegawai dan sekaligus tuntutan tugas dan fungsi Balai Diklat untuk meningkatkan kompetensi pegawai sesuai amanat UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 dan PMA Nomor 75 Tahun 2015. Dengan demikian melalui program pelatihan jarak jauh ini semua itu dapat ditunaikan karena PJJ dapat dilaksanakan mengingat peserta tidak harus hadir secara bersamaan di satu waktu di satu tempat.

Selama dua bulan terakhir perangkat untuk pelaksanaan PJJ daring ini telah disiapkan oleh tim Teknologi Informasi Balai Diklat Keagaman Bandung, demikian pula persiapan SDM-nya. Dalam rangka penguatan SDM ini, pada bulan April sampai Mei yang lalu telah diikutsertakan 11 orang pegawai untuk mengikuti bimtek PJJ daring di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Kini tindak lanjut dari tujuan yang sama dilakukan kegiatan Bimtek yang sama bagi seluruh pegawai BDK Bandung terutama kaitannya dengan aplikasi PJJ daring yang baru saja dibangun. Bimtek ini dilaksanakan secara daring sesuai dengan programnya. Sebagai langkah awal, dilakasanakan pembukaan bimtek secara daring melalui apliaksi zoom.

Drs. Aguslani, M.Ag yang baru saja mengemban tugas menjadi nakhoda BDK Bandung dalam arahannya pada kesempatan pembukaan Bimtek PJJ daring internal ini menegaskan bahwa pembelajaran online menjadi keniscayaan untuk saat ini. Apalagi ditengah kondisi darurat akibat pandemic covid-19. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga memberikan apresiasi atas kinerja Tim PJJ yang sejatinya bagian dari Tim Pengembangan Zona Integritas BDK Bandung yang dewasa itu dipimpin oleh Kasi Diklat Tenaga Administrasi selaku PLT Kabalai Diklat Keagamaan Bandung. Sebagai bagian dari kelanjutan tata kelola pelatihan yang senantiasa terus berinovasi, maka beliau juga mengajak kepada seluruh pegawai untuk bersama-sama melanjutkan segala upaya peningkatan mutu pelatihan sebagai wujud tanggungjawab dan etika professional yang disebutnya SAPATUA, yaitu SAdari posisi, PAhami tugas & fungsi TUnaikan Amanah Insya Alloh Berkah.

Kegiatan pembukaan Bimtek PJJ online yang dihadiri segenap pegawai ini juga diisi dengan penjelasan-penjelasan teknis dari Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yang melihat beberapa alternatif skema pelatihan selain PJJ yang sudah diprogramkan sebelumnya. Menurutnya, skema terakhir yang bisa diambil jika PSBB akibat covid-19 belum juga memberikan titik terang, maka seluruh kegiatan pelatihan  dapat direvisi untuk menjadi pola daring. Apalagi seperti diuatarakan oleh tim pengelola aplikasi, Indyana, dalam aplikasi PJJ sudah terrekam ada 907 calon peserta yang mendaftarkan diri. Ini artinya pola PJJ ini tetap menarik minat calon peserta untuk meningkatkan kompetensi mereka melalui pembelajaran online.

Sementara itu, penjelasan teknis dari Dr. Euis Setiawati selaku penanggungjawab teknis pengembang aplikasi PJJ online dan pelaksanaan PJJ daring yang akan dilaksanakan. Menurutnya aplikasi yang dibangun merupakan versi terbaru dari moodle sehingga ada beberapa perbedaan tampilan dan perlakuan, maka pelatihan penggunaan aplikasi ini oleh pagawai yang nanti beberapa diantaranya akan menjadi admin menjadi penting.

Simulasi untuk registrasi dan masuk ke dalam kelas pelatihan, dalam kesempatan ini juga ditunjukkan oleh Tim PJJ. Peserta atau calon peserta bimtek dapat masuk ke apliaksi melalui bandungsiemapede.id yang menjadi Corporate University BDK Bandung. Melalui situs tersebut peserta atau calon peserta diarahkan pada menu PJJ daring. Pengalaman dalam simulasi ini akan menjadi bekal untuk pelaksanaan bimtek. Dan selanjutnya menjadi pengalaman penting dalam menyikapi segala hal yang terjadi dan mungkin terjadi saat PJJ daring yang sesungguhnya berlangsung.

Pembukaan melalui Zoom yang dimulai dari pukul 09.00 WIB ini diakhiri pukul 10.35 WIB dengan agenda tahap selanjutnya adalah pembagian kelas bimtek dan jadwal untuk tiap kelasnya.[FN]