PKG dan PKB menjamin Guru Melaksanakan Tugasnya secara Profesional dan Berkualitas
  • Widi Tigaras
  • 6 Februari 2023
  • 410x Dilihat
  • Berita

PKG dan PKB menjamin Guru Melaksanakan Tugasnya secara Profesional dan Berkualitas

Ciamis (06/02/2023) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) PKG – PKB Angkatan I di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis pada putaran pembuka PDWK di tahun 2023.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 6 (enam) hari dimulai hari ini, Senin, 06 Februari 2023 hingga Sabtu, 11 Februari 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang guru Madrasah Aliyah, guru SMA dan SMK bertempat di Aula Kankemenag Kabupaten Ciamis.

Dalam upacara pembukaan pelatihan, Drs. H. Usuludin, M.Pd., selaku ketua panitia mengucapkan permohonan maaf mewakili kepala BDK Bandung yang tidak bisa hadir dalam acara pembukaan ini.

Ucapan terima kasih pun diberikan atas sambutan yang hangat dan koordinasi yang baik, mulai dari penyediaan sarana dan prasarana, penetapan dan pemanggilan peserta serta dukungan lainnya.

Lebih lanjut beliau melaporkan dasar hukum penyelenggaraan pelatihan, tujuan, sasaran, serta gambaran umum tentang pelatihan ini.

Terakhir, beliau memohon kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Ciamis, yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Drs. H. Tatang Iskandar untuk secara resmi membuka pelatihan. Beliau juga berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik mulai dari awal sampai akhir pelatihan.

Selanjutnya, Drs. H. Tatang Iskandar memberikan sambutan pada acara pembukaan terkait gambaran umum apa itu PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan PKB (Penilaian Keprofesian Berkelanjutan (PKB)?; untuk apa PKG dan PKB?; dan pentingnya PKG dan PKB dalam menjamin guru melaksanakan tugasnya secara profesional dan berkualitas.

Sedangkan jenis-jenis kegiatan PKB yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh guru adalah pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. (AT)