Plt Kepala Balitbang Diklat Kemenag RI tutup giat rakor internal BDK Bandung
  • 21 Januari 2022
  • 435x Dilihat
  • Berita

Plt Kepala Balitbang Diklat Kemenag RI tutup giat rakor internal BDK Bandung

Jumat, 21 Januari 2022 - Pada hari ini telah dilaksanakan agenda terakhir Rakor Kediklatan Pemantapan Rencana Kerja Balai Diklat Keagamaan Bandung Tahun 2022, yaitu penyampaian materi dan penutupan rakor oleh Plt. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI - Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag., turut hadir Kepala BDK Semarang - Drs. H. Anshori.

Materi yang disampaikan tema Pembinaan Pegawai, di awal materi Plt. Balitbang menyampaikan mengenai tantangan kepada seluruh balai diklat terkait penyerapan anggaran di bulan ke-7 sebesar 75%, sudah mulai tampak respon positif beberapa satker, salah satunya BDK Bandung dan BDK Semarang. Tujuan dari tantangan ini adalah sebagai jawaban dari ekspektasi masyarakat untuk segera melaksanakan kegiatan di awal tahun anggaran. Selain itu, untuk mengantisipasi bila ada revisi anggaran, dan memberikan kesempatan di akhir tahun kepada WI untuk bisa meluangkan waktu libur bersama keluarga, setelah padatnya jadwal mengajar selama satu tahun penuh.

Kerjasama dan koordinasi antara semua pihak, yaitu antara WI dan Pejabat Struktural, WI sebagai core bisnis dari Balai Diklat, sehingga WI perlu untuk mendapat support dan pengembangan lebih dibanding lainnya. Selain itu WI tidak boleh ada berbeda haluan dengan pejabat struktur, harus saru barisan, harmonis, dan bahu membahu dalam menjalankan fungsi kediklatan.

Seluruh pegawai kementerian agama harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, terkait dengan transformasi organisasi, muncul usulan nama pengganti Balai Diklat yang diusulkan oleh Gus Menteri, menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya, pria kelahiran Jepara 1976 yang jabatan depinitifnya menjadi Staf Ahli Menteri Agama Bidang Hukum dan HAM tersebut menegaskan bahwa, tantangan keagamaan ke depan terkait persoalan moderasi beragama, moderasi beragama merupakan salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM), perjuangan berhasil atau tidaknya moderasi beragama ada di Kementerian Agama. Tantangan keagamaan cukup serius, dan tidak bisa memandang sebelah mata terkait dengan kelompok yang intoleransi dan radikal, walaupun jumlahnya dalam prosentase yang kecil. Kita harus menjaga keutuhan NKRI sesuai dengan tugas kita di bidang keagamaan. Apabila tidak dikelola dengan baik bisa mengganggu kedamaian dan persatuan di masyarakat.

Penyampaian materi yang menyedot perhatian peserta tersebut  berlanjut dengan sesi dialog terbuka. Terdapat 4 (empat) peserta yang bertanya dan langsung mendapatkan respon positif dari Plt. Kepala Balitbangdiklat.

Setelah sesi dialog, tibalah sesi penutupan raker, Plt. Kepala Balitbang menyampaikan  "Dengan mambaca hamdalah rakor ini resmi ditutup". Diikuti tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta rapat.

Acara diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas secara simbolis oleh Jabatan Fungsional Widyaiswara, Jabatan Fungsional Tertentu, dan Jabatan Fungsional Umum, disaksikan oleh Plt. Kepala Balitbang dan Kepala BDK Bandung.

Sebelum melakukan perjalanan pulang ke Bandung pada hari Jumat, 21 Januari 2022 pukul 11.00 dengan menggunakan kereta api. Seluruh Pegawai BDK Bandung melakukan Swab antigen terlebih dahulu sesuai protokol kesehatan, dan alhamdulillah, semua pegawai BDK Bandung sehat wal'afiat (non reaktif). (WTI)