Sesban Muharram: ASN Kemenag harus siap tampil sebagai agen perubahan yang toleran, moderat dan rahmatan lil'alamin
  • BDK Bandung
  • 9 Februari 2023
  • 95x Dilihat
  • Berita

Sesban Muharram: ASN Kemenag harus siap tampil sebagai agen perubahan yang toleran, moderat dan rahmatan lil'alamin

Garut, 9 Februari 2023. Sekretaris Badan Litbang dan Diklat H. Muharram Marzuki, Ph.D berkesempatan memberikan arahan dan kebijakan peningkatan kualitas SDM dalam giat PDWK Manajemen Zakat di Kementerian Agama Kabupaten Garut. Muharram menegaskan bahwa core bisnis Kementerian Agama memang mengurusi agama, karena kunci dari semua masalah itu adalah agama.

Lebih jauh Muharram menegaskan pada hakikatnya agama itu adalah akhlak, karena akhlak yang baik akan membuat kehidupan yang baik pula. Karena itu, imbuhnya, penting sekali untuk memberikan pembekalan rohaninya dalam kegiatan pelatihan.

Sesban juga mengingatkan bahwa agama bukan hanya persoalan simbol, dia harus nampak dan mewujud dalam perbuatan. Karena itu sebagai pribadi muslim, penting untuk selalu menampilkan wajah muslim yang toleran, moderat, dan rahmatan lil alamin.

Dalam konteks sebagai ASN maka kehadirannya harus mampu mewarnai perubahan ke arah yang lebih baik. Hal itu merupakan implementasi dari kapasitas, kompetensi dan profesionalitasnya. Jadi, kerja ASN mulai sekarang harus berorientasi pada hasil, bukan hanya administratif saja. Pada gilirannya lembaga akan mampu memetik hasil yang positif dan berdampak kepada masyarakat. [FN]