TAK HARUS SAMA: Merawat Kebhinnekaan Melandasi Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh

TAK HARUS SAMA: Merawat Kebhinnekaan Melandasi Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh

BDK Bandung, 17 Agustus 2021. Menyambut ulang tahun ke-76 Republik Indonesia, BDK Bandung menyelenggarakan lomba video pendek bagi tenaga keagamaan. Unggulan lomba ini ditentukan berdasarkan jumlah view pada video yang ditayangkan melalui kanal youtube BDK Bandung per tanggal 17 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB. Berdasarkan ketentuan ini, video berjudul Tak Harus Sama tampil menjadi pemenangnya.

Video pendek ini dikirim oleh Penyuluh Agama Kota Surabaya. Video yang berdurasi 5 menit ini berhasil mencapai 4 ribu views.

Video ini membawa tema moderasi dalam beragama. Menceritakan keragaman iman dalam sebuah keluarga. Video yang lebih banyak bertutur melalui gesture para pemainnya ini berhasil menyampaikan pesan penting, bahwa kebersamaan tidak harus dilandasi oleh kesamaan.

Indonesia adalah bangsa dan Negara dengan kebhinekaan. Beragam dalam suku, budaya, bahkan agama. Keragaman ini memerlukan sikap yang moderat dalam menjalaninya. Sikap moderat terutama dalam beragama. Hal ini penting mengingat agama memiliki kepekaan sendiri. Moderasi beragama, menjadi bekal penting dalam merawat kebhinnekaan, dan landasan untuk mewujudkan Indonesia yang tangguh dan Indonesia yang tumbuh.