Telisik 1: Role Model Visi Transformasi Layanan Pelatihan
  • 7 Januari 2022
  • 368x Dilihat
  • Telisik

Telisik 1: Role Model Visi Transformasi Layanan Pelatihan

Oleh: Dr. Firman Nugraha, M.Ag

Perubahan menjadi keniscayaan.  Sejalan dengan itu, tema Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama mengusung hal senada, transformasi. Widyaiswara, merupakan sosok yang menjadi harapan untuk mampu mewujudkan visi transformasi ini. Kedudukannya menjadi sosok inspiratif untuk menjadi role model perubahan.

Balai Diklat Kagamaan Bandung kini memiliki 45 orang sosok inspiratif ini. Jumlah ini 56 % dari keseluruhan ASN di BDK Bandung. Jumlah yang mencukupi untuk membawa Balai Diklat Kagamaan Bandung ke arah lebih  baik lagi dalam menyongsong tahun anggaran 2022. Sejumlah 14 orang sudah selesai dan 5 orang lagi dalam tahap penyelesaian S3 dengan spesialisasi keilmuan di bidang pendidikan dan keagamaan. Sementara itu selebihnya dalam kualifikasi S2 dengan sebaran keilmuan sesuai dengan tiga rumpun pelatihan, administrasi, kagamaan dan pendidikan.

Namun demikian, potensi ini bisa menjadi invalid jika tidak disertai dengan pemetaan yang tepat. Maka, visi transformasi yang menjadi spirit 2022 ini perlu diturunkan dalam rencana aksi yang implementatif dan mengoptimalkan seluruh resources tersedia menuju sukses bersama. Di bawah kepemimpinan kepala balai dan kemitraan dengan koordinatoriat, kerangka kerja yang dilakukan 1) menyatukan persepsi dan komitmen terhadap mutu pelatihan. 2)  memetakan kelompok pelatihan yang menjadi program di 2022. 3) Mmngelompokkan tanggungjawab pelatihan sesuai dengan kompetensi, spesialisasi dan rumpun pelatihan. 4) membuka ruang bersama untuk menjaga komunikasi dan koordinasi bermutu.

====================================
Balai Diklat Keagamaan Bandung
Badan Litbang dan Diklat
Kementerian Agama RI
====================================
Website : bdkbandung.kemenag.go.id
Twitter : @BDK Bandung
Instagram : @bdk.bandung
Facebook : BDK Bandung
Youtube : BDK BANDUNG
====================================