Telisik 22: SEKOLAH PENGGERAK - MADRASAH PENGGERAK
  • 13 Juni 2022
  • 232x Dilihat
  • Telisik

Telisik 22: SEKOLAH PENGGERAK - MADRASAH PENGGERAK

SEKOLAH PENGGERAK - MADRASAH PENGGERAK
Oleh: Dr. Euis Setiawati, M.Pd.

 

Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia tersebut. Fokus dari Program Sekolah Penggerak adalah pengembangan hasil belajar siswa. Hasil belajar dicapai secara holistik, yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. Hal demikian dapat diawali dengan penyediaan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Terdapat 5 Intervensi Program Skeolah Penggerak, yaitu: 1) Pendampingan Konsultatif dan Asimetris; 2) Penguatan Sumber Daya Manusia di Sekolah; 3) Pembelajaran dengan Paradigma Baru; 4) Perencanaa Berbasis Data; dan Digitalisasi Sekolah.

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program ini dilakukan secara bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak, tak terkecuali dengan Madrasah sebagai sekolah umum yang berciri khas Agama Islam di Kementeria Agama. Bagaimana kesiapan Kementerian Agama dalam membawa Madrash untuk bergerak 1-2 tahap menjadi lebih maju???