Telisik 3: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan
  • 17 Januari 2022
  • 278x Dilihat
  • Telisik

Telisik 3: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan

Oleh: Dr. Hj. Asih Aryani. M.Pd

 

Guru adalah ujung tombak keberhasilan dalam proses pembelajaran, menjadi orang pertama yang dilihat dan dibicarakan ketika peserta didiknya dapat mencapai prestasi gemilang ataupun ketika peserta didiknya mengalami kegagalan. Oleh karena itu guru dituntut untuk bisa menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, agar menjadi kenangan pertama bagi peserta didiknya ketika mereka berada di bangku sekolah/madrasah. Guru professional, dipastikan menguasai empat standar kompetensi guru, yaitu kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.

Memotivasi peserta didik untuk bertanya merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai guru. Kualitas pertanyaan yang dilontarkan guru ketika mengajar, akan menentukan pula kualitas jawaban yang diberikan oleh peserta didik atau sebaliknya. Guru harus terampil bagaimana supaya peserta didik dapat memunculkan pertanyaan atas informasi yang diperolehnya. Marjuki (2020, 121 - 146) mengklasifikasikan model pembelajaran yang menstimuli peserta didik untuk memiliki keterampilan berkomunikasi, diantaranya adalah model Artikulasi, Consider All Factors, Bertukar Pendapat, Knowledgw Sharing, Class Ruler, Complete Sentences, Bamboos Dancing, Cooperative Integrated Development Questions and Information, Inside-Outside Cycle, Modelling the Way, dan Pesan Berantai.

Strategi-strategi pembelajaran di atas, akan membantu guru dalam mengekplorasi seluruh kemampuan peserta didik dalam: keterampilan berbicara, saling berbagi informasi secara lisan maupun tulisan, keberanian mengemukakan pendapat, mengelola informasi, membuka diri pada perbedaan pendapat, memupuk kerjasama kelompok antar peserta didik dalam mengekspresikan ide ataupun gagasan yang utuh melalui kalimat yang terstruktur dan menumbuhkan aktifitas serta interaksi sosial.

====================================
Balai Diklat Keagamaan Bandung
Badan Litbang dan Diklat
Kementerian Agama RI
====================================
Website : bdkbandung.kemenag.go.id
Twitter : bdkbandung82
Instagram : bdk.bandung
Facebook : BDK Bandung
Youtube : BDK BANDUNG
===========================