Telisik 8: Perpustakaan Digital : Inovasi Perpustakaan BDK Bandung di Masa Pandemi
  • 7 Maret 2022
  • 152x Dilihat
  • Telisik

Telisik 8: Perpustakaan Digital : Inovasi Perpustakaan BDK Bandung di Masa Pandemi

Oleh:

Widi Tigaras, S.Sos.

 

Perpustakaan digital adalah salah satu inovasi yang sedang dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Saat ini seluruh dunia sedang dilanda wabah covid-19. Dengan adanya wabah covid-19 ini, segala aktivitas dan fasilitas publik di seluruh dunia dibatasi, dalam artian ditutup sementara atau dikurangi jumlahnya, salah satunya yang terdampak adalah perpustakaan. Saat ini perpustakaan tidak lagi dapat memberikan layanan sepeti biasanya, terutama layanan sirkulasi, yaitu peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka. Lembaga perpustakaan diharuskan untuk melakukan inovasi layanan perpustakaan dengan berbasis digital. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk cepat beradaptasi dengan pola hidup yang baru seperti berkurangnya kegiatan bertatap muka. Masyarakat harus pandai untuk memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya seperti menggali informasi secara digital.

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 ini adalah terjadi transformasi terhadap lembaga perpustakaan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat ini memiliki dampak yang positif. Seperti pada peningkatan layanan perpustakaan yang dapat mempermudah masyarakat mengakses E-Book yang dibutuhkan. Perpustakaan sebagai tempat pengelola informasi mengedepankan layanan kepada masyarakat dengan berbagai media, yang salah satunya adalah dengan membangun perpustakaan digital. Menilai dari manfaat perpustakaan digital di dalam masa wabah corona tidak hanya bermanfaat bagi internal dan eksternal perpustakaan saja tetapi juga bermanfaat bagi pengembangan literasi informasi dan pengetahuan secara digital. Perpustakaan digital sangat mendukung kegiatan Work From Home khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Perpustakaan digital mulai banyak diminati dibutuhkan, dengan adanya perpustakaan digital ini memberikan banyak keuntungan apalagi dimasa pandemi saat ini. E-Book yang dapat di akses tanpa harus keluar rumah. Masyarakat bisa membaca E-Book hanya melalui gadget dari rumah tanpa harus datang ke perpustakaan.

Perpustakaan BDK Bandung mulai awal tahun 2021 sudah mengembangkan layanannya, salah satunya Perpustakaan Digital, sistem otomasi yang digunakan adalah Senayan Library Management System (SLiMS) 9 Bulian dengan alamat https://bandungsiemapede.id/perpusbdkbdg/. Saat ini Perpustakan sudah memiliki berbagai koleksi E-Book, dengan koleksi unggulan di bidang keagamaan, pendidikan dan pelatihan. Semoga layanan perpustakaan digital BDK Bandung ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.