Workshop Manajemen Kebersihan Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Bandung yang Diadakan oleh Mahasiswa Magang Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
  • BDK Bandung
  • 16 Juni 2024
  • 69x Dilihat
  • Berita

Workshop Manajemen Kebersihan Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Bandung yang Diadakan oleh Mahasiswa Magang Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program kebijakan pemerintah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan guna memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas selama 1 semester. Salah satunya program magang MBKM mandiri, yaitu setiap perguruan tinggi menyelenggarakan, mendanai, dan mengeksekusi program MBKM tanpa ada intervensi dari Kemendikbudristek.

Program Studi Pendidikan Masyarakat UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung merupakan departemen yang ikut menyukseskan program magang MBKM mandiri dengan menjalin hubungan kerja sama mitra yang relevan dengan konsentrasi mata kuliah yang ada, salah satunya adalah Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung. Progam ini merupakan program magang yang sudah di konversi sejumlah 21 SKS setara dengan satu semester.

BDK Bandung merupakan lembaga yang memfasilitasi kegiatan magang mahasiswa jenjang sarjana, di bawah bimbingan Dr. Asep Saepudin, M.Pd. selaku Dosen Penmas UPI,  Dr. Hj. Emma Himayaturohmah, M.Ag. dan Dr. Ayi Nasrudin, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari BDK. Peserta Magang antara lain Andia Riani Putri, Anita Rahmawati Sjafei, Sinta Juliana, Sofia Azzahra, Wulandari. Kegiatan magang dilaksanakan selama 3 bulan dari 25 Maret sampai 14 Juni 2024.

Pada kesempatan magang ini, tidak hanya berfokus pada pemberian pengalaman melalui keikutsertaan dalam program Pelatihan Jarak Jauh (PJJ), Pelatihan Klasikal dalam Kampus dan mengerjakan tugas dari Dosen pembimbing lapangan saja, para mahasiswa Penmas ini melakukan pengembangan kompetensi bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) melalui pelaksanaan pelatihan dengan tema “Workshop Manajemen Kebersihan Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Bandung”. Kegiatan ini sangat dibutuhkan sesuai dengan temuan need assesment yang telah dilakukan dan dilaksanakan hari Jumat, 07 Juni 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi pegawai, dan sangat  bermanfaat bagi lembaga tentang kebersihan dan kelestarian lingkungan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menjadi implementasi dari program pengembangan untuk mahasiswa magang UPI di bidang pendidikan melalui pembuatan proposal, Rancang Bangun Pembelajaran Mata Diklat (RBPMD), Rencana Pembelajaran (RP), Bahan Ajar, dan Bahan Tayang.

Bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Umum FIP UPI dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Balai Diklat Keagamaan Bandung telah berkembang menjadi sarana pendidikan bagi para pelajar. Kegiatan magang ini selesai sesuai jadwal dan merupakan pengalaman yang luar biasa baik dalam konteks akademik maupun non-akademik berkat peran aktif para instruktur Penmas, dosen pembimbing lapangan, dan mahasiswa.